Home Motor Tak Lama Lagi Yamaha YZF-R6 dan FZ1/FZ8 dBakal Diluncurkan di Indonesia?

    Tak Lama Lagi Yamaha YZF-R6 dan FZ1/FZ8 dBakal Diluncurkan di Indonesia?

    SHARE

    Yamaha R6 Indonesia (Doc: IWB)
    Mesinbalap.com – Setelah dirumorkan bakal memboyong YZF-R250, kini Yamaha Indonesia digosipkan akan meluncurkan YZF-R6 2013 dalam waktu dekat. Berkat laporan pak bos Iwanbanaran.com atau lebih akrab disapa IWB, doi mengendus penampakkan moge 600cc made in Yamaha ini di salah satu ruangan khusus. Disinyilir di gudang penyimpanan motor Yamaha Indonesia.

    Dari gambar yang terlihat, YZF-R6 berada dalam satu ruangan dengan Mio J dan kabarnya Yamaha terus melakukan persiapan demi persiapan dalam rangka meluncurkan motorsport ini. Detils speknya, R6 produksi 2013 masih menggunakan mesin 4-silinder segaris berkapasitas 599cc dengan 16 titanium valve, DOHC dan liquid-cooled untuk melakukan proses pendinginan mesin.

    Selain R6, Yamaha gosipnya (digosok tambah sip) juga sedang menyiapkan street fighter FZ1 yang terlihat sedang diangkut ke dalam truk, ini menurut laporan IWB. Tapi jika diperhatikan seksama dan dibandingkan dengan data yang ada di yamahamotorsports.com, kemungkinan besar foto itu adalah FZ8, bukan FZ1. Ini praduga sementara bro, hasil olah TKP, jadi belum 100% benar.

    Sekilas, antara FZ1 dan FZ8 memang hampir sama, terutama dalam hal sasis sampai swing arm plus desain luar mesinnya. Tetapi ada pembedanya, desain lampu depan FZ8 murni street fighter, sementara desain bagian depannya FZ1 lebih mirip seperti motorsport touring. Untuk lebih jelasnya dan benar atau tidaknya, monggo bisa dilihat pada galeri foto dibawah.

    Yamaha FZ8 Indonesia (Doc: IWB)

    Lanjut, untuk urusan mesin, Yamaha FZ1 didukung mesin 4-silinder segaris berkapasitas 998cc yang dilengkapi DOHC, 20-valve dan liquid-cooled.

    Sementara street fighter FZ8 menggunakan mesin 779cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris, 16 valve, DOHC, plus liquid-cooled. Transmisinya masih sama untuk ketiga moge tersebut yakni 6-speed w/multiplate wet clutch, sori ya gak akan ada SSG di motor produksi massal. :D

    Masalah harga jangan tanya dulu ini berapa, soalnya harga luar dan harga sini bedanya jauh, bisa dua kali lipat. Mungkin karena kebijakan pajak Indonesia, belum lagi nilai Rupiah yang akhir-akhir ini semakin melemah terhadap dollar AS.

    Tapi jika Yamaha memproduksi disini dengan sebagian komponen lokal dari Indonesia, kemungkinan harganya bisa ditekan dan lebih murah lagi. Pastilah namanya konsumen maunya barang bagus, tapi minta harga semurah mungkin. :D

    2013 Yamaha FZ8

    Diluar sana, entry-level Yamaha YZF-R6 dibanderol dengan harga $10,990 atau sekitar Rp 120 juta, itu versi yang paling murah jika dikonversi dari dollar AS ke IDR/Rupiah Indonesia.

    Sementara R6 paling mahal dijual dengan harga $11,190, setara dengan Rp 121,5 juta. Tunggu dulu, ini belum selesai, untuk Yamaha FZ1 harganya $10,790 atau sekitar Rp 117 jutaan dan street fighter FZ8 dibanderol $8,890 atau sekitar Rp 96,5 jutaan.

    Itu hanya hitung-hitungan soal harga, untuk harga Indonesia mungkin bakal melenceng jauh. Nah, kapan peluncurannya?? Masih menurut laporan IWB, Yamaha Indonesia awalnya berencana bakal meluncurkan moge ini sekitar bulan Agustus atau Oktober. Itu rencana awal tapi kini jadwal peluncurannya mundur karena beberapa sebab dan kemungkinan akan diluncurkan tahun depan.

     

    Photo Gallery:

    Sumber: Iwanbanaran.com

    KOMENTAR