Home Aprilia Demi Mempertahankan Squad Aspar, Aprilia Rela Melakukan Perombakan Radikal pada Mesin ART...

    Demi Mempertahankan Squad Aspar, Aprilia Rela Melakukan Perombakan Radikal pada Mesin ART GP13

    SHARE

    Aprilia ART GP13 1000cc
    Mesinbalap.com – Aprilia telah bersumpah akan memberikan motor yang lebih kompetitif untuk Squad Aspar pada tahun depan. Pabrikan asal Italia ini berjanji akan membuat beberapa perombakan radikal pada pacuan ART GP13 1000ccc.

    Tim Aspar yang saat ini bernaung sebagai tim CRT memiliki satu opsi lainnya disamping melanjutkan kerja sama dengan Aprilia. Tim yang bermarkas di Spanyol ini sangat berminat dengan Honda yang menggelontorkan All-New RCV1000R production racer alias RCV versi produksi.

    Namun, hal itu diungkapkan Aspar sebelum Aprilia mengkonfirmasi tentang keseriusan mereka di MotoGP. Istilahnya menggertak si cantik Aprilia, maklum squad Aspar cukup solid di MotoGP meski mereka menggunakan motor ART GP13 yang notabene menggunakan basis Aprilia RSV4 1000cc.

    Kini squad Aspar sudah cukup lega, pasalnya Aprilia mengamini permintaan mereka dan siap menjalankan rencana ambisiusnya di MotoGP tahun depan. Tak tanggung-tanggung, upgrade radikal pun bakal dilakukan pabrikan asal Italia tersebut. Bukan hanya satu parts baru, tapi satu paket motor baru yang dijamin ciamik meski belum seciamik Honda dan Yamaha.

    Perubahan besar yang bakal dilakukan Aprilia yakni termasuk mengembangkan mesin baru dengan katup pneumatik (pneumatic valves), seamless-shift gearbox, sasis baru dan paket aerodinamis yang lebih baik. Nah, seamless-shift gearbox inilah salah satu perangkat ciamik yang membuat pemiliki tim Aspar “Jorge Martinez” ingin bertahan melanjutkan kerja sama dengan Aprilia.

    Aprilia ART/RSV4 GP13

    “Aprilia telah memutuskan untuk mengembangkan sebuah motor yang benar-benar baru. Mungkin kami memiliki fairing baru sebelum akhir musim ini dan mungkin juga gearbox SSG baru. Mereka telah mencobanya pada motor standar dan mereka senang. Mereka harus melakukan berbagai uji coba tapi untuk menggunakan update ini di balapan rasanya tidak baik karena jika anda memiliki beberapa masalah maka itu akan menyebabkan anda membuang satu seri balapan dan sepertinya itu tidak masuk akal”, ujar Gino Borsoi selaku bos Aspar.

    Selain girboks SSG, klep pneumatik adalah salah satu sistem klep yang cukup mumpuni pada mesin prototipe MotoGP, seperti yang sudah digunakan pada RC213V dan YZR-M1. Dan sistem ini menurut Borsoi tak mungkin bisa digunakan tahun ini pada mesin prototipe Aprilia terbaru, karena harus melakukan berbagai uji coba terlebih dahulu dengan girboks SSG.

    Aspar CRT 1000cc

    “Kami belum tahu kapan mesin itu akan siap digunakan. Saya berharap pada awal musim depan tapi untuk sekarang, saya tidak yakin. Hal itu tergantung jika mereka memiliki beberapa masalah teknis atau tidak. Jika mereka membawa mesin baru pada akhir bulan ini dan dapat bekerja dengan baik, maka mungkin saja kami bisa memilikinya pada awal musim depan”, tambah Borsoi.

    Hal ini mungkin terdengar lucu karena Yamaha mikirnya sampai tiga tahun untuk mengembangkan geabox ini, yang sudah diwanti-wanti Lorenzo sejak 2011. Aprilia mengagetkan dengan pengembangan seamless-shift gearbox versi mereka, pada saat yang sama Yamaha sedang menuju ke arah 100% dalam pengembangan SSG dan mestinya sudah tahu teknologi ini sejak diaplikasikan di pacuan kompetitornya.

    “Kami memiliki koneksi yang sangat baik dengan Aprilia dan kami telah bekerja sama untuk mengembangkan motor ini, jadi kami tahu apa yang kami butuhkan. Dan di belakang kami, sekarang kami akan memiliki sebuah pabrik yang akan bekerja bersama kami dan bukan hanya mendapatkan sebuah motor dari Honda”, tutup Borsoi.

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR