Home BMW 2014 BMW i8 Plug-in Hybrid Dipajang di Frankfurt Motor Show

2014 BMW i8 Plug-in Hybrid Dipajang di Frankfurt Motor Show

SHARE

2014 BMW i8 - Frankfurt Motor Show
Frankfurt, Mesinbalap.com – Produsen mobil Jerman BMW pede pamer versi siap produksi dari 2014 BMW i8 di Frankfurt Motor Show sampai 22 September mendatang. Coupe hybrid ini sudah diproyeksikan bakal mendarat di pasar Amerika Serikat pada musim semi tahun depan dengan estimasi harga awal $140,000 atau sekitar Rp 1,6 milyar.

BMW i8 ini mengadopsi sistem plug-in hybrid yang terdiri dari mesin konvensional tiga-silinder, motor listrik dan transmisi otomatis 6-speed. Hanya bermodalkan mesin 1.5-liter Twin-Power Turbo, output mesinya sudah bisa mencapai hingga 231 HP dengan torsi maksimum 236 lb-ft. Output ini belumlah dihitung dengan output tambahan dari motor listrik yang bakal ekstra power sebesar 131 HP via two-stage automatic gearbox.

Performa motor listrik tak pernah lepas dari yang namanya baterai lithium-ion 5 kWh dengan voltase tinggi sebagai penopangnya. Keduanya baik motor listrik dan mesin Turbo 1.5L bisa bekerja sama untuk menghasilkan output gabungan hingga 362 HP plus torsi puncak sebesar 420 lb-ft, alhasil coupe ini mampu melakukan sprint dari 0-62 mph cukup dalam waktu 4,4 detik saja.

2014 BMW i8 Plug-in Hybrid

Soal konsumsi BBM, coupe hybrid produksi BMW ini memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata sebanyak 2.5L/100 km atau sekitar 94 MPG USA (mile per gallon) dan mampu melakukan perjalanan sejauh 22 mil dalam mode listrik murni dengan kecepatan maksimal berkisar 75 mph. Jika motor listrik dan mesin konvensional ini digabung, maka BMW i8 bisa diajak jalan-jalan sejauh 310 mil.

BMW melengkapi coupe i8 ini dengan velg alloy 20-inch sebagai standar, sementara velg carbon berbobot ringan (lightweight-carbon) hanya tersedia sebagai opsional dan tidak ditawarkan dalam paket standar. Fitur opsional lainnya yakni high-beam assistant, collision warning+pedestrian recognition, rearview camera, surround-view, head-up display dan speed-limiter info.

KOMENTAR