Home Datsun Datsun Go+ MPV Resmi Diluncurkan Di IIMS, Harganya Gak Sampai Rp 100...

    Datsun Go+ MPV Resmi Diluncurkan Di IIMS, Harganya Gak Sampai Rp 100 Juta

    SHARE

    Launching Datsun Go+ MPV di IIMS 2013 oleh Carlos Ghosn
    Jakarta, Mesinbalap.com – Datsun telah dibangkitkan kembali dari tidur panjangnya oleh Nissan sejak awal tahun ini sebagai sebuah brand mobil murah yang difokuskan untuk pasar Asia. Nah untuk menandai kebangkitan Datsun, Nissan meluncurkan varian “GO” hatchback di India beberapa bulan yang lalu. Ini hanya sedikit cerita sebelum masuk ke poin penting pembahasan.

    Nama hatchback “GO” sendiri pada dasarnya diambil dari nama mobil “DAT-GO” yang merupakan model mobil pertama Datsun yang diluncurkan di Jepang di era tahun 1914 atau hampir satu abad yang lalu ya. Basisnya Datsun GO adalah Nissan March atau lebih familiar dengan nama Micra di benua Eropa sana.

    Seperti janji Nissan untuk Indonesia, hatchback imut Datsun GO kini punya versi MPV murah yang untuk pertama kalinya diluncurkan di Indonesia Motor Show dan diperkenalkan secara langsung oleh CEO Nissan yakni Carlos Ghosn, mantabb. Nissan memang telah bersumpah akan membawa Datsun GO ke Indonesia dan mereka menepatinya dengan meluncurkan GO+ MPV di IIMS.

    Soal harga tunggu dulu sob, yang pasti sangat murah untuk market MPV. Nissan mengatakan bahwa Datsun Go+ MPV 7-Seater ini dikembangkan secara khusus untuk Indonesia, sudah jelas karena Indonesia adalah market terbesar untuk segmen MPV. MPV baru ini mengadopsi tata letak kursi 5+2, dimana kursi paling belakang hanya bisa ditempati oleh dua anak kecil.

    Panjang keseluruhan mobil mencapai 3,995mm, sementara dimensi lebarnya mencapai 1,635mm dan tingginya sekitar 1,485mm. Dimensi wheelbase hampir sama dengan versi hatchback yakni sekitar 2,450mm. Nissan mengatakan bahwa MPV murah ini juga akan dilengkapi dengan “Datsun Mobile Docking Station” yang dapat mengintegrasikan smartphone dengan mobil, sama seperti varian hatchback.

    Foto Datsun Go+ MPV

    Nah untuk urusan mesin, Datsun Go+ MPV ini dibekali dengan mesin bensin 1.2-liter atau berkubikasi 1,200cc dengan konfigurasi 3-silinder dan menggunakan transmisi manual 5-speed. Produsen Jepang tersebut mengklaim bahwa mesin 3-silinder ini sangat efisiensi dalam hal konsumsi bahan bakar, terlebih mesin 1.2L ini sudah diadopsi terlebih dulu pada Nissan March/Micra.

    Keduanya baik Datsun Go hatchback maupun GO+ MPV akan diproduksi seutuhnya di pabrik Nissan di Purwakarta dengan kandungan komponen lokal mencapai 85%, harapannya agar sesuai dengan regulasi standar mobil murah LCGC (Low-Cost Green Car) di Indonesia. Rencananya Nissan Indonesia akan mulai memasarkan kedua mobil baru tersebut pada awal tahun 2014, masih lama sabar dulu.

    Urusan harga langsung saja, Datsun Go+ MPV dan Go hatchback masing-masing akan dijual dengan banderol harga yang hampir sama yakni dibawah Rp 100 juta. Itu pernyataan Nissan sendiri yang jika dikurskan ke U.S. dollar maka harganya bisa menjadi sekitar $8,700.

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR