Home MotoGP Aragon, Spanyol Hanya Bermodal SSG, Yamaha Sesumbar Kalahkah Honda di Aragon

    Hanya Bermodal SSG, Yamaha Sesumbar Kalahkah Honda di Aragon

    SHARE

    Lorenzo vs Pedrosa - MotoGP Aragon 2012
    Motorlan Aragon, Mesinbalap.com – Sejak Grand Prix Aragon digelar tiga tahun silam tepatnya tahun 2010, tak pernah sekalipun Yamaha mencicipi manisnya kemenangan podium pertama disana. Dominasi Stoner, Ducati dan Honda masih sangat kuat dalam beberapa tahun yang lalu di sirkuit ke-3 milik Spanyol ini.

    Stoner adalah satu-satunya rider Ducati yang mampu unjuk gigi di podium pertama GP Aragon pada 2010 yang lalu, diikuti Pedrosa dan Hayden. Saat itu, Ducati tak bisa dipandang sebelah mata, pasalnya GAP-nya 5 detik lebih dari Pedrosa dan 9,5 detik dari Lorenzo yang finish diposisi ke-4.

    satu tahun kemudian saat join di Repsol Honda Stoner kembali meraih kemenangan keduanya bersama Pedrosa (GAP +8 detik) dan tak main-main GAP-nya 14 detik lebih dari Lorenzo (Yamaha) penghuni podium ke-3 saat itu. Setelah digulingkan RCV di GP Indianapolis 2012, Stoner absen cukup lama bahkan hingga 3 seri dan baru ambil bagian di Motegi.

    Pedrosa akhirnya unjuk gigi juga di MotoGP Aragon tahun lalu saat Stoner absen dan digantikan oleh Jonathan Rea. Lorenzo tak berkutik sama sekali saat Pedrosa membuat GAP 6,4 detik darinya yang menggiring Pedrosa ke podium pertama, sementara empat pembalap Yamaha yang ada dibelakangnya diasapin semuanya termasuk Lorenzo, Dovi, Crutchlow dan Spies.

    Lorenzo - MotoGP Aragon 2012

    Kini Yamaha punya girboks seamless-shift setelah menunggu pengembangan hampir tiga tahun lamanya, sementara dua kompetitornya sudah menggunakannya. Selain itu, dua kali podium pertama berturut-turut sejak seri Silverstone sampai Misano menjadi momentum yang kuat bagi kubu Yamaha, terutama untuk Lorenzo sendiri. Berbekal SSG, Yamaha berharap bisa mengunah nasib buruknya disana.

    “Saya benar-benar menantikan untuk pergi ke Aragon karena pada trek itu kami melakukan tes yang sangat baik sebelum GP Assen. Dalam tes tersebut kami menjadi yang tercepat dan sekarang kami memiliki motor yang lebih baik. Saya sudah tak sabar untuk mulai mengetahui level baru kami di sirkuit tersebut. Secara fisik saya merasa sangat baik dan juga tes Misano yang lalu berjalan sangat baik bagi kami, jadi saya merasa positif pergi ke Aragon”, komentar Jorge Lorenzo.

    Aragon Track Race

    Karakteristik sirkuit Aragon tidaklah sama dengan Misano yang justru lebih cocok dengan Yamaha M1. Di Aragon, motor kerap dipaksa pembalap untuk lebih banyak menggunakan gigi 1 dan justru disinilah peran seamless-shift gearbox bakal kelihatan.

    Karena efek nyata SSG tak bisa dilihat hanya dalam satu sirkuit saja, apalagi yang dilihat bukan sirkuit berkarakter stop & go. Andaikan SSG berperan besar di Misano, sudah pasti Rossi mampu naik podium di GP Misano dua pekan yang lalu bersama Lorenzo. Jadi, dilihat saja hasilnya.

    Casey Stoner - MotoGP Aragon 2011

    “Motorland selalu menjadi tantangan bagi kami dalam beberapa tahun terakhir. Tapi setelah memenangkan dua balapan terakhir, itu menjadi motivasi besar untuk pergi ke sana dan menemukan rahasia dari Aragon. Ketika kami melakukan pengujian di sana, kami pergi dengan cara yang benar, jadi mari kita lihat apa yang bisa kami berikan disana”, ujar Wilco Zeelenberg.

    “Jorge sekarang dalam kondisi yang sangat baik dan performa motor juga meningkat pesat. Motivasi kami bukanlah sebuah masalah, tapi rahasia trek ini selalu sulit untuk dicari, mari kita pergi untuk menemukannya. Aragon tak pernah menjadi salah satu trek terbaik kami, tapi apa yang kami temukan selama tes terakhir di sana sangat positif. Kedua pembalap kami sangat kuat dan itulah sebabnya kami ingin melanjutkan momentun race yang positif dan mengurangi kesenjangan antara Jorge dan Marquez”, komentar Massimo Meregalli selaku direktur tim Yamaha MotoGP.

    KOMENTAR