Home Honda Nakamoto: Jika Stoner Menggeber RCV1000RR, Mungkin Dia Bisa Menang di Phillip Island

    Nakamoto: Jika Stoner Menggeber RCV1000RR, Mungkin Dia Bisa Menang di Phillip Island

    SHARE

    Honda RC214V
    Mesinbalap.com – Orang yang paling dekat dengan Stoner di HRC adalah Shuhei Nakamoto, satu-satunya bos HRC yang masih merindukan kembalinya sang rider #27 ke MotoGP. Kali ini Stoner dikait-kaitkan lagi dengan motor RCV versi produksi aka RCV1000RR yang rencananya akan digunakan mulai awal tahun depan di MotoGP.

    Menurut Nakamoto, seorang pembalap yang berpacu diatas motor versi produksi Honda RCV1000R bakal mampu mengacaukan formasi pembalap pabrikan. Bahkan menurutnya mereka bisa saja mengalahkan mesin prototipe pabrikan (full-factory prototype 1,000cc) di beberapa trek pada tahun 2014.

    Motor produksi Honda telah memenuhi syarat untuk regulasi tim non-pabrikan di MotoGP dan diperbolehkan untuk menggunakan bahan bakar hingga 24-liter serta dilengkapi ban lunak khusus dari Bridgestone.

    Setiap motor versi produksi baik dari Honda maupun Yamaha bisa menggunakan bahan bakar lebih banyak dibandingkan prototipe resmi, karena empat liter lebih banyak daripada motor-motor pabrikan. Keuntungan yang paling signifikan bisa dirasakan di beberapa trek seperti Qatar, Silverstone dan Motegi, yang menuntut konsumsi bahan bakar lebih banyak.

    “Saya tidak memiliki keraguan lagi, seorang pembalap papan atas pada beberapa sirkuit bisa berada di posisi enam besar dengan motor produksi. Jika Casey (Stoner) mengendarai salah satunya, mungkin dia bisa menang di Phillip Island”, kata Nakamoto sambil tertawa.

    Nakamoto menjelaskan bahwa setiap motor pabrikan bisa memanfaatkan tenaga penuhnya selama sesi kualifikasi, tetapi saat balapan tidak memungkinkan mengingat konsumsi bahan bakarnya dibatasi hingga 20 liter.

    “Pada sesi kualifikasi, setiap mesin pabrikan berada dalam kekuatan penuhnya. Tetapi selama balapan kita tidak bisa menggunakan tenaga sepenuhnya karena konsumsi bahan bakar dibatasi hingga 20 liter. Nah dalam balapan kesenjangan tersebut akan lebih dekat untuk motor versi produksi dengan kapasitas bahan bakar 24 liter”, lanjut bos Honda.

    Soal biaya pengembangan, Nakamoto menegaskan bahwa biaya dalam mengembangkan proyek baru ini ternyata telah melampaui perkiraan awal HRC, tetapi Honda tidak akan membebankan biaya tambahan ke setiap tim yang menggunakan RCV1000RR. Scott Redding adalah salah satu pembalap Inggris jebolan Moto2 yang akan menggeber RCV versi produksi mulai tahun depan bersama skuad Gresini Honda.

    “Saya senang dengan performa dan kehandalannya, tetapi kurang senang dengan biayanya. Hal ini jauh dari apa yang kita pikirkan, tetapi Honda berkomitmen pada proyek ini. Kami tidak akan membebankan biaya pengembangan ke pelanggan, Honda akan membayar untuk ini”, ungkap Nakamoto.

    KOMENTAR