Home MotoGP Aragon, Spanyol Rossi Berharap Bisa Lebih Fokus Hingga Lap Terakhir

    Rossi Berharap Bisa Lebih Fokus Hingga Lap Terakhir

    SHARE

    Rossi Misano 2013
    Aragon, Mesinbalap.comDi seri MotoGP Misano dua pekan lalu, Rossi masih berjibaku dengan duo Respol Honda untuk berebut tempat podium. Pembalap berplat nomor #46 ini gagal menuntaskan ambisinya di Misano yang merupakan kandang keduanya setelah Mugello. Rossi kalah cepat dengan duo Repsol hingga mengakibatkan dirinya tak dapat podium, malah GAP +15 detik dari Jorge Lorenzo penghuni podium pertama.

    Rossi mengakui bahwa dirinya kurang bisa fokus hingga lap-lap terakhir dan hal ini menurutnya menyulitkan dirinya untuk berebut podium dengan trio spanyol, bukan trio macan pokoknya. Selain itu, Rossi merasa masih perlu melakukan beberapa perbaikan pada sektor pengereman pacuan M1 miliknya, juga set-up keluar masuk tikungan yang dinilainya masih kurang mumpuni.

    “Di Misano saya hanya mampu berada di posisi empat besar, tapi itu tetap akhir pekan yang lebih baik. Tiga pembalap terdepan lebih cepat dari saya tapi itu masihlah lebih baik dibandingkan dengan balapan lainnya, dimana saya terlalu banyak menderita sejak balapan dimulai. Sekarang kami harus tetap berada pada tingkat yang sama seperti di Misano, tetapi juga menyempurnakan set-up motor agar mampu bersaing sampai akhir”, ujar Rossi di Aragon.

    Sejak gelaran MotoGP Aragon dimulai pada 2010 silam, Rossi belum pernah naik podium sekalipun disana karena saat itu sedang mengalami cidera bahu, tahun terakhir sebelum hengkang ke Ducati. Selanjutnya saat di Ducati, Rossi juga tak pernah mencicipi podium GP Aragon.

    “Saya belum pernah naik podium sekalipun. Namun, pada 2010 yang lalu saya punya banyak masalah dengan bahu saya dan saya merasa cukup positif untuk balapan akhir pekan ini. Saya suka trek ini, terutama ketika kami melakukan pengujian disini setelah seri Barcelona, saya memiliki perasaan yang sangat baik dengan M1. Dalam dua atau tiga bulan set-up motor pasti telah banyak berubah, tapi kami berharap bisa berada diposisi puncak sejak sesi latihan bebas.”

    Motorland Aragon juga akan menjadi saksi bisu kedua setelah Misano untuk menilai seberapa sempurnanya transmisi seamless baru racikan Yamaha yang dipasang dijeroan mesin M1. Pasalnya hanya Lorenzo yang terlihat bisa tampil sempurna di Misano dua pekan yang lalu, sementara Rossi merasa masih kesulitan dengan pacuan M1 miliknya.

    “Girboks seamless merupakan bagian penting, perlu karena kami harus bertarung dengan Honda dan mereka memilikinya. Nah sebelumnya kami memiliki banyak kelemahan, sekarang kelemahan itu sedikit berkurang dalam hal akselerasi. Tetapi kami harus terus menyempurnakan M1, juga di beberapa sektor lainnya. Terutama dimana saya merasa masih kesulitan, pada titik pengereman dan saat memasuki tikungan”, tutup Rossi.

    KOMENTAR