Home MotoGP Aragon, Spanyol Lorenzo Dibuat Bingung Dengan Masalah Pengereman M1

    Lorenzo Dibuat Bingung Dengan Masalah Pengereman M1

    SHARE

    M1 Lorenzo - MotoGP Aragon
    Aragon, Mesinbalap.com – Jorge Lorenzo mengakui tak bisa berbuat banyak selama sesi latihan bebas kedua (FP2) yang digelar disirkuit Aragon Jum’at kemarin. Hasil terbaiknya pada sesi latihan Jum’at kemarin hanya mampu membawanya ke posisi 4, tepat dibawah Pedrosa dari Repsol Honda.

    Pembalap andalan Yamaha ini pun memang sempat menjadi yang tercepat pada sesi latihan pembuka, tapi itupun hanya selisih 0,008 detik dari Marc Marquez. Lorenzo dibikin gerah dengan masalah pengereman yang melanda pacuan YZR-M1 miliknya, selama FP2 dia pun bingung harus berbuat apa karena problemnya sulit dipecahkan.

    Waktu terbaik Lorenzo hanya 1 menit 49,405 detik dan selisih +0,418 detik dari Marc Marquez. Menurut Lorenzo, masalah yang paling terasa adalah dibagian rem depan motornya, dimana sulit melakukan pengereman. Pembalap berdarah Spanyol ini pun sempat terheran-heran karena saat tes bulan Juni lalu dia bisa mencetak rekor 1 menit 48,0 detik.

    “Yang saya harapkan bisa kompetitif sejak awal di sini, karena saya membuat rekor catatan waktu pada pengujian Juni lalu yakni 1 menit 48,0 detik. Tapi hari ini kami memiliki banyak sekali masalah, terutama dibagian pengereman. Kami belum tahu persis apa yang terjadi”, ungkap Lorenzo.

    Karakter sirkuit Aragon menuntut akselerasi yang lebih tinggi karena banyaknya tikungan stop & go, itulah sebabnya transmisi sejenis SSG bisa memberikan banyak keuntungan bagi pembalap yang menggunakannya. Tapi modal akselerasi tinggi saja tidak cukup, juga harus diimbangi dengan set-up pengereman yang mantab.

    “Lorenzo mengeluhkan bahwa daya cengkeraman ban-nya menurun dengan sangat cepat. Makanya kami perlu mencoba dan meningkatkan daya tahan ban”, komentar Wilco Zeelenberg saat menanggapi keluhan Lorenzo.

    “Kami berharap bisa memperbaiki pacuan sejak pagi hari, tapi kami tak bisa melakukannya. Saya merasa lebih buruk dibandingkan dengan saat kami berada di sini untuk melakukan pengujian. Pembalap lainnya bisa meningkatkan kecepatannya masing-masing, tetapi kami tetap optimis. Kami bisa menyempurnakan pacuan ini dan membuat langkah lainnya dan kami harus bisa bersaing dalam kondisi panas maupun sebaliknya”, sahut Lorenzo.

    KOMENTAR