Home MotoGP Aragon, Spanyol MotoGP Aragon 2013: Rossi Keluhkan Masalah Grip Ban dan Pengereman

    MotoGP Aragon 2013: Rossi Keluhkan Masalah Grip Ban dan Pengereman

    SHARE

    Rossi FP2 Aragon
    Aragon, MESINBALAP.com – Selain Lorenzo, Rossi juga mengalami masalah yang sama dengannya selama menjalani sesi latihan bebas hari Jum’at kemarin. Dua pembalap andalan Yamaha ini sama-sama mengeluhkan kurangnya grip ban dan juga masalah pengereman.

    “Ternyata kami harus banyak berjuang disini daripada apa yang kita harapkan sebelumnya. Pada pengujian Juni lalu, kondisi sirkuit ini berbeda dan lebih mencekram, suhunya lebih rendah dan itu lebih baik”, keluh Rossi.

    Pada sesi FP1, Rossi bermain lumayan apik dengan pencapaian posisi ke-5 (GAP +0,746 detik dari Marquez), tak lama kemudian posisinya semakin melorot di FP2. Juara dunia sembilan kali ini turun diposisi ke-7, sementara GAP-nya dengan Marquez semakin melebar menjadi +0,922 detik.

    Dalam laga latihan bebas Jum’at ini, catatan waktu Rossi dua kali dikalahkan oleh rider Satelit Honda Gresini – Bautista. Tak ayal Rossi pun langsung tepuk jidad dan langsung membuat sejumlah pembenahan pada YZR-M1 miliknya.

    “Hari ini kami mendapatkan masalah yang lumayan banyak, terutama sore ini saya cukup punya banyak masalah. Salah satunya dengan pengereman dan saya kehilangan hampir separuh waktu sesi latihan”.

    “Pada akhirnya, saya menggunakan motor kedua dan membuat beberapa lap agar bisa menemukan ritme, kami harus memperbaikinya dan melaju lebih cepat lagi. Tapi sekarang setelah beberapa lap ban belakang mulai banyak sliding dan motor pun jadi sulit dikendalikan”, tambah Rossi.

    Menanggapi keluhan Rossi, Massimo Meregalli angkat bicara juga dan timnya perlu membuat sejumlah langkah maju dan perbaikan lainnya guna bersaing dengan pembalap-pembalap Honda.

    “Harapan awal kami tidak seperti hari ini. Tetapi sayangnya, performa motor tidak seperti yang terjadi selama sesi pengujian. Kondisi trek juga sama sekali berbeda”, jelas Massimo Meregalli selaku direktur tim Yamaha MotoGP.

    “Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan untuk memperbaiki motornya, tingkat grip di sirkuit kurang baik, butuh satu hari lagi akan membuatnya lebih baik. Kami akan menganalisa data, membandingkannya dengan umpan balik pembalap dan kembali lagi besok untuk membuat langkah maju lainnya.”

    KOMENTAR