Home MotoGP Aragon, Spanyol Jelang Race Aragon: Yamaha Mulai Gunakan Jatah Mesin Kelimanya

    Jelang Race Aragon: Yamaha Mulai Gunakan Jatah Mesin Kelimanya

    SHARE

    Lorenzo Q2 Aragon
    Aragon, MESINBALAP.com – Dalam sejarah Grand Prix Aragon, tak pernah sekalipun Yamaha menang disini. Kini setelah masuk tahun ke-4 gelaran GP Aragon, Yamaha berharap bisa merubah peruntungan-nya pada race sore ini, salah satunya dengan modal kepercayaan diri pada Jorge Lorenzo.

    GAP Lorenzo dengan Marquez hanya terpaut 0,010 detik, karena itulah rider Spanyol ini pede tatap race Aragon hari ini. Tak hanya Lorenzo, Rossi pun terlihat cukup kompetitif pada sesi kualifikasi, meski prestasinya jeblok selama sesi free practice.

    “Saya tahu saya membuat lap yang sangat baik dan saya berharap bisa berada di posisi terdepan. Namun, saya sadar bahwa pembalap lainnya bisa sangat dekat atau bisa di depan saya. Saya berusaha sebaik mungkin, tapi saya membuat kesalahan di tikungan pertama, sehingga saya kehilangan posisi pole”, ujar Lorenzo.

    “Yang satu itu hanya digunakan untuk satu lap cepat, sementara yang lainnya digunakan untuk sepanjang balapan. Dalam sesi latihan terakhir sebelum kualifikasi kami menemukan sesuatu yang lebih dalam hal kecepatan, sehingga kami bisa lebih kuat dalam satu lap dan juga kecepatan untuk balapan.”

    “Sama seperti di Misano yang lalu, kami berdua cukup cepat. Kami mendapatkan evolusi (perubahan) pada motor kami dan semakin cepat. Jarak ini pun semakin dekat dengan Honda, mungkin besok kita bisa melihat balapan yang indah antara kita semua”, lanjut Lorenzo.

    Yamaha Factory - Aragon

    Penampilan memukau duo Yamaha ini baru kelihatan pada saat sesi kualifikasi, sedangkan pada saat sesi free practice keduanya lebih banyak berada dibelakang rider satelit Honda. Usut punya usut, ternyata Yamaha menggunakan jatah mesin kelimanya di seri Aragon akhir pekan ini, meski Lorenzo mengelak saat dikonfirmasi.

    “Saya tidak tahu, saya tidak pernah bertanya tentang hal ini kepada Yamaha. Anda harus bertanya kepada Ramon Forcada kepala kru kami. Saya berkonsentrasi agar bisa menjadi cepat di sirkuit ini”, elak Lorenzo kepada wartawan Crash.

    Asumsinya, kubu Yamaha mungkin memilih menggunakan mesin M1 bekas pada sesi latihan bebas (free practice) dan kemudian pada sesi Q2 mereka mulai menggunakan mesin baru yang merupakan jatah mesin terakhir untuk musim ini.

    Seperti diketahui, duo Yamaha sudah membuka jatah mesin keempatnya pada seri ke-6 MotoGP 2013, karena ada beberapa masalah teknis pada jeroan mesin M1 yang digunakan Rossi dan Lorenzo. Masalah ini memaksa Yamaha untuk menambah jarak tempuh pada mesin lainnya, agar kuat digunakan dalam beberapa seri. Selain Rossi dan Lorenzo, Crutchlow juga mengalami masalah yang sama.

    KOMENTAR