Home MotoGP Aragon, Spanyol Marquez Angkat Bicara Soal Insiden High-Side Pedrosa

    Marquez Angkat Bicara Soal Insiden High-Side Pedrosa

    SHARE

    Kabel Sensor TCS Honda RC213V
    Spanyol, MESINBALAP.comInsiden senggolan ringan yang terjadi antara Marquez dan Pedrosa cukup menggemparkan kubu Repsol Honda, terutama kubu tim Marquez dengan Pedrosa. Kerugian besar ditanggung kubu Pedrosa, meski tak mengalami cidera serius tapi kalkulasi perburuan gelar juara dunia sudah tentu tertutup baginya dengan hanya empat seri tersisa.

    Tak mungkin ada celah bagi Pedrosa, dengan catatan Lorenzo atau Marquez tidak cidera dalam beberapa seri kedepan. Jika keduanya cidera dalam empat seri, sudah tentu ceritanya jadi beda. Dengan performa gemilang dan stabilnya gaya balap Marquez maupun Lorenzo, pastinya sangat sulit main tebak-tebakan seperti ini.

    Kembali ke topik, Marquez diduga menyenggol sensor roda belakang alias TCS (Traction Control System) Honda RC213V yang ditunggangi Pedrosa. Dugaan sementaranya, sensor TCS tersebut mati seketika setelah terjadi senggolan ringan pada lap ke-7, alhasil Pedrosa pun high-side keluar dan terpelanting keras dari motornya.

    “Dani (Pedrosa) menyalip saya dan kemudian setelah dua atau tiga lap saya merasa sedikit lebih cepat. Saya hampir menyenggolnya dan kemudian saya menjauhkan motor, saya hanya menyentuhnya sedikit. Tapi hampir tak menyenggolnya dan hanya melebar keluar trek”, ungkap Marquez kepada wartawan Crash.

    Pedrosa High-Side - Aragon MotoGP

    “Usai balapan, tim mengatakan kepada saya bahwa saya sedikit menyentuh kabel kontrol traksi-nya. Itu hal yang aneh, tak pernah terjadi. Kemudian ketika dia membuka gas, dia pun terjatuh. Saya tak bisa berkata banyak karena insiden ini tidak biasa”, lanjut Marquez.

    Kini insiden tersebut masih diselidiki oleh Race Diedction MotoGP dan pengumuman resmi-nya akan dirilis secepat mungkin. Soal sangsi pinalty atau tidak, belum diputuskan oleh Race Diedction MotoGP.

    Insiden serupa juga pernah terjadi pada MotoGP Estoril 2006 silam tapi lebih parah lagi dan tak bisa dibuat perbandingan. Dimana Pedrosa tergelincir di sebuah tikungan dan kemudian menabrak Nicy Hayden dengan keras. Insiden ini tepat saat Hayden memburu gelar juara dunia pertamanya bersama Honda.

    KOMENTAR