Home MotoGP Aragon, Spanyol Keputusan Sidang Pedrosa-Marquez Akan Ditentukan di Sepang

    Keputusan Sidang Pedrosa-Marquez Akan Ditentukan di Sepang

    SHARE

    Foto Insiden Pedrosa HighSide
    Aragon, MESINBALAP.com – Race Direction MotoGP sudah memutuskan bahwa Pedrosa dan Marquez akan dipanggil kembali di Sepang Malaysia dalam hajatan ronde ke-15 MotoGP 2013 pada pertengahan bulan depan (11-13 Oktober). Di Sepang nanti, Race Direction akan menindak lanjuti dan menganalisa ulang tragedi sial yang menimpa pembalap satu tim ini.

    Menurut analisa HRC, kabel kontrol traksi RCV yang dikendarai Pedrosa putus setelah terjadi senggolan kecil dengan Marquez dan karena itulah sistem TCS belakang tak berfungsi pada pacuan Pedrosa hingga dirinya ndlosor.

    Belum diputuskan apakah Marquez akan mendapat hukuman (pinalti) atau tidak. Tapi beberapa pembalap mengungkapkan bahwa tak pantas memberikan hukuman bagi Marquez karena hanya senggolan ringan dan Pedrosa sendiri melakukan pengereman terlaludini. Hampir semua pembalap pasti melakukan kesalahan seperti ini dan melebarkan pacuannya keluar trek.

    Pedrosa mengalami higside dan terjatuh setelah keluar dari tikungan ke-12 pada lap ke 6 (total 23 lap), dan bukannya ditabrak Marquez. Insiden ini ditengarai karena matinya sensor kontrol traksi saat dia membuka gas secara spontan dan pacuannya masih dalam keadaan merebah.

    Meski secara fisik Pedrosa tidak mengalami cidera parah, tapi rekan setim Marquez ini benar-benar geram atas terjadinya insiden tersebut. Pedrosa yakin bahwa dia bisa menggondol kemenangan disini sekaligus sebagai kado ulahnya ke-28 tahun. Tapi nasib berkata lain, dia harus pulang membawa “zero point”, sementara 25 poin tambahan menjadi milik Marquez.

    Marquez tak percaya jika kabel sensor TCS tersebut putus karena senggolan kecil antara dirinya dan Pedrosa, sangat aneh menurutnya dan belum pernah terjadi sekalipun di balap kelas kakap MotoGP.

    Bisa saja Pedrosa menarik tuas gas secara spontan hingga berakibat dirinya mengalami higside. Dugaan lainnya adalah kabel sensor TCS tersebut bisa saja putus setelah insiden hisgside tersebut terjadi, bukannya karena disenggol Marquez.

    Seperti yang bisa dilihat pada tayangan ulang, insiden hisgside terjadi sangat keras hingga membuat Pedrosa terpental keras dari RCV. Berikut ini video tayangan ulangnya dari Youtube.

    KOMENTAR