Home MotoGP Stoner Bakal Ambil Bagian di Phillip Island

    Stoner Bakal Ambil Bagian di Phillip Island

    SHARE

    Stoner Corner Philip Island
    Melbourne, MESINBALAP.com – Namanya gosip ya digosok tambah sip dan benar juga apa yang selama ini dirumorkan media akhirnya terungkap, meski Livio Suppo menampiknya. Casey Stoner mantan rider Honda dan Ducati itu hari ini mengkonfirmasi bahwa dirinya bakal ambil bagian di ronde ke-16 MotoGP 2013 yang dihelat di Phillip Island pada 20 Oktober mendatang. Tapi…

    Menurut situs resmi MotoGP, Stoner akan mendapatkan kehormatan “lap of honour” di Philip Island nanti bersama dua legenda MotoGP yakni Mick Doohan dan Wayne Gardner. Belum dikonfirmasi apakah Stoner akan ikut serta dalam balapan bersama trio Spanyol dan kawan-kawan-nya.

    “MotoGP Philip Island 2012 adalah ending akhir dari cerita perjalanan karir saya di MotoGP. Tentunya akan menyenangkan bisa turun ke sirkuit bersama Mick (Doohan) dan Wayne (Gardner) pada tahun ini, tanpa tekanan persaingan. Saya berharap dapat menikmatinya dan bergabung dengan para fans yang telah mendukung saya sepanjang karir saya”, ujar Stoner yang memutuskan pensiun dari balap V8 supercar pada penghujung tahun ini.

    Meskipun orang Australia ini hanya diperintahkan ambil bagian di “lap of honour”, tapi berita yang diturunkan situs resmi MotoGP ini bisa menimbulkan spekulasi jika Stoner benar-benar bakal ambil bagian pada sesi sesi raceday bersama Marquez, Lorenzo, Rossi, Pedrosa dan lain-lain. Satu minggu yang lalu, Nakamoto sudah memberikan isyarat bahwa Stoner bisa saja ambil bagian di Philip Island bersama Marquez dan Pedrosa.

    Casey Stoner - Philip Island 2012

    Selain itu, akhir pekan ini HRC meninta Stoner untuk menguji coba pacuan Honda RC214V dan RCV1000RR versi produksi di Twin-Ring Motegi. Meskipun agenda resmi HRC yang kabarnya hanya menguji coba dua motor baru mereka, tapi sudah bisa terendus jika tes privat tersebut juga dijadikan ajang latihan bagi Stoner sebelum turun gunung ke Philip Island.

    Mendengar komentar Stoner, mantan rider Repsol Honda Mick Doohan pun angkat bicara juga:

    “Casey (Stoner) kembali ke Phillip Island merupakan berita besar bagi para penggemar MotoGP. Banyak orang pasti akan menyukainya dan saya berharap untuk memainkan peran saya. MotoGP menikmati sukses besar di seluruh dunia pada saat ini, dengan munculnya generasi legenda masa mendatang.”

    “Kami menyaksikan sebuah era baru bagi olahraga ini dan saya menganjurkan para penggemar untuk melakukan perjalanan ke Phillip Island pada bulan depan untuk melihat apa yang dijanjikan dalam sebuah even besar”, lanjut lima kali juara dunia GP500cc itu.

    Mendengar tantangan Stoner, juara dunia kelas premier pertama kali dari Australia juga ikut memberikan komentarnya.

    Podium Stoner - Philip Island

    “Akan selalu menjadi kesenangan besar untuk berpacu di sirkuit Phillip Island. Saya telah menikmati banyak momen spesial di sana dan berkendara bersama Casey dan Mick pastinya akan menambah daftar tersebut”, sahut Wayne Gardner yang juara pada 1987.

    Dalam kurun waktu 6 tahun (2007-2012), Stoner meraih 6 kali kemenangan di Philip Island secara berturut-turut di kelas premier MotoGP, sekaligus mematahkan rekor Valentino Rossi yang meraih 5 kali kemenangan disana. Masalahnya adalah jika Stoner geber RCV bersama Pedrosa dan Marquez tentunya bisa saja merusak formasi pembalap tapi dibalik itu ada agenda lain yang sedang direncanakan oleh pengelola sirkuit Philip Island dan juga Dorna Sport.

    Dorna Sport selaku penyelanggara MotoGP pastinya tak ingin jika ronde MotoGP ke-16 tersebut sepi penonton, makanya dipanggilah tiga juara dunia tersebut dalam rangka untuk semakin meramaikan salah satu even besar di Asutralia.

    “Casey telah disiapkan untuk turun di Phillip Island dan fans kami sangat senang, berulang kali. Melihat dia sekali lagi di sebuah trek favoritnya diapit oleh Mick dan Wayne tentunya akan menjadi kesempatan yang unik dan menggemparkan para penggemar dari segala usia”, kata Andrew Westacott selaku CEO sirkuit Philip Island.

    KOMENTAR