Home Honda Nakamoto: RCV Versi Produksi Tak Perlu Gunakan 24 liter Bahan Bakar

    Nakamoto: RCV Versi Produksi Tak Perlu Gunakan 24 liter Bahan Bakar

    SHARE

    Tes HRC - Motegi, Oktober 2013
    Tochigi, MESINBALAP.comSetelah dijajal di Motegi oleh Casey Stoner, bos HRC angkat bicara mengenai beberapa hal teknis yang menyangkut RCV versi produksi. Honda mengungkapkan bahwa RCV1000RR tidak akan menggunakan kapasitas tangki bahan bakar hingga 24 liter.

    Regulasi tim privater MotoGP mengijinkan setiap motor versi produksi untuk mengunakan kapasitas tangki bahan bakar maksimum hingga 24 liter, tetapi Honda memilih menggunakan 23 liter. Dibandingkan motor pabrikan dengan tangki bahan bakar 20 liter, motor versi produksi diperbolehkan mengkonsumsi bahan bakar empat liter lebih banyak dan menggunakan sistem ECU standar dari Magneti Marelli.

    “Perhitungan kami bahwa untuk semua balapan tidak akan ada masalah dengan bahan bakar 23 liter dan mereka tidak perlu menggunakan campuran lebih sedikit, bahkan dengan tangki 23 liter. Dengan bahan bakar 22 liter, mesin versi produksi harus menggunakan campuran lebih sedikit (campuran miskin), maka dari itu, 23 liter sudahlah cukup”, komentar Nakamoto.

    Nakamoto melanjutkan bahwa mustahil menggunakan bahan bakar 21 liter atau bahkan tangki 20 liter pada RCV versi produksi. Tetapi dengan tangki 23 liter saja, menurutnya sudah lebih dari cukup untuk digunakan pada motor versi produksi. GAP antara motor versi produksi bisa lebih dekat dengan motor spek pabrikan di beberapa trek seperti Motegi dan Silverstone yang menuntut konsumsi bahan bakar lebih banyak, hal ini disebabkan karena motor pabrikan harus menggunakan campuran bahan bakar lebih sedikit (campuran miskin).

    “Menggunakan motor versi produksi dengan bahan bakar 20 atau 21 liter adalah mustahil. Tetapi dengan bahan bakar 23 liter pada mesin versi produksi, pembalap akan mampu memanfaatkan semua tenaganya.”

    “Sehingga di beberapa sirkuit yang kritis dalam hal konsumsi bahan bakar seperti Motegi dan Silverstone, prototipe pabrikan harus menggunakan campuran bahan bakar lebih sedikit, sehingga GAP antara mereka akan lebih dekat. Dalam kualifikasi itu berbeda karena motor pabrikan dapat menggunakan semua tenaganya”, tutup Bos HRC Shuhei Nakamoto.

    Scott Redding adalah salah satu pembalap yang didaulat untuk menggunakan RCV versi produksi di squad Gresini pada musim depan. Honda RCV1000RR ini rumornya akan diperkenalkan secara resmi kepada publik dunia di EICMA Motor Show bulan depan, sementara harganya diperkirakan dikisaran €100,000 atau sekitar Rp 1,5 milyar.

    KOMENTAR