Home MotoGP Power Electronics Aspar Bersiap Tinggalkan Aprilia, Tergoda Tawaran Honda

    Power Electronics Aspar Bersiap Tinggalkan Aprilia, Tergoda Tawaran Honda

    SHARE

    Power Electronics Aspar
    MESINBALAP.com – Jorge Martinez sepertinya mulai ragu dengan komitmen Aprilia dalam menyediakan motor yang kompetitif untuk timnya pada musim depan. Beberapa waktu yang lalu, Aprilia berjanji akan melakukan perombakan besar pada ART GP13, termasuk memasang seamless gearbox, sasis baru dan mengembangkan mesin baru dengan klep pneumatis. Namun, janji-janji tersebut tak kunjung direalisasikan.

    Tim Aspar CRT tersebut belum memutuskan apakah mereka akan melanjutkan kerja sama dengan Aprilia pada tahun depan dan tetap berbekal pacuan ART yang menggunakan basis superbike RSV4. Selaku pemilik tim Power Electronics Aspar, dirinya dibuat bingung karena Aprilia tak menunjukkan tanda-tanda pengembangan ke arah positif seperti yang mereka janjikan.

    Dan dia akhirnya menghubungi Livio Suppo beberapa hari yang lalu untuk menanyakan ketersediaan stok Honda RCV1000R yang baru saja diuji coba oleh Casey Stoner di Motegi pada Kamis kemarin. Jorge Martinez pun tergoda dengan tawaran Honda yang bakal menjual RCV1000R versi produksi MotoGP dengan banderol harga per unitnya 1 juta Euro atau sekitar Rp 15,6 milyar.

    “Memang benar, kami belum membeberkan rincian keuangan dengan Aprilia dan karena alasan inilah kami juga ingin mengetahui kesiapan Honda. Kami sudah menjalin kesepakatan dengan Hayden, namun itu belum bisa dipastikan, juga persoalan yang menyangkut Aleix Espargaro. Kami mungkin akan mengumumkannya di Malaysia”, ujar Gino Borsoi selaku bos Aspar.

    Selain itu, salah satu hal lainnya yang ditakutkan Jorge Martinez adalah kemungkinan hengkangnya kepala Insinyur Aprilia “Gigi Dall’Igna” ke Ducati, yang bisa berimbas dalam proyek pengembangan Aprilia dengan tim Aspar CRT.

    Dall’Igna beberapa waktu lalu dirumorkan bakal pindah ke Ducati, meski Ducati membantahnya. Pasalnya pabrikan Bologna tersebut berniat untuk merekontruksi ulang tim balap mereka setelah prototipe Desmosedici tak kunjung kompetitif dalam tiga tahun terakhir.

    “Tentu saja, Gigi Dall’Igna merupakan jaminan Aprilia sehubungan dengan komitmen mereka dalam melakukan pengembangan. Kami ingin menjadi kompetitif, terutama di masa mendatang”, pungkasnya.

    KOMENTAR