Home MotoGP Sepang, Malaysia Sudah Diputuskan, Marquez Dapat Pinalti Satu Poin

    Sudah Diputuskan, Marquez Dapat Pinalti Satu Poin

    SHARE

    Marc Marquez GP Aragon
    Sepang, MESINBALAP.com – Race Direction MotoGP hari ini telah memutuskan bahwa Marc Marquez bersalah atas insiden terjatuhnya Pedrosa di Aragon dua pekan lalu. Atas kasus tersebut, Marquez kini dijatuhi satu poin pinalti, sehingga totalnya ada tiga poin pinalti yang dibawanya.

    Sebelumnya, Marquez juga mendapat dua poin pinalti setelah terjatuh dan hampir saja menabrak Cal Crutchlow di sesi pemanasan pagi di seri Silverstone yang lalu. Namun, karena hanya tiga poin pinalti, pembalap Ajaib ini tidak akan start dari posisi belakang.

    Regulasi MotoGP menekankan bahwa jika seorang pembalap mendapat total empat poin pinalti, maka pembalap tersebut harus rela start dari posisi grid paling belakang pada balapan selanjutnya. Sedangkan tujuh poin pinalti mengharuskan start dari pitlane dan 10 poin pinalti dilarang keras mengikuti balapan, siapapun pembalapnya bisa jadi terdakwa dalam kasus ini. :D

    Yang paling sial justru Honda, karena kehilangan 25 poin konstruktor karena insiden kedua ridernya tersebut. Sementara tim yang paling beruntung alias bejo adalah kubu Yamaha, karena kini kesenjanganya hanya satu poin dengan Honda di klasemen sementara konstruktor MotoGP 2013.

    Saat ini Yamaha hanya mampu mengoleksi 290 poin konstruktor dan Honda sebelum mendapat pinalti mengoleksi 316 poin. Kini poin Honda dikalkulasi 316 – 25 = 291 poin, sehingga keunggulannya turun menjadi 1 poin dari Yamaha yang mengoleksi 290 poin.

    KOMENTAR