Home MotoGP Sepang, Malaysia Yamaha Semakin Bejo, Honda Kehilangan 25 Poin Konstruktor

    Yamaha Semakin Bejo, Honda Kehilangan 25 Poin Konstruktor

    SHARE

    Marquez vs Lorenzo GP Aragon 2013
    Sepang, MESINBALAP.com – “Tepuk Jidat” mungkin itulah yang dilakukan oleh tim Repsol Honda hari ini setelah mendengarkan keputusan Race Direction MotoGP di Sepang, Malaysia. Atas insiden yang menimpa kedua pembalapnya, Honda harus membayar mahal dan rela kelihangan 25 poin dalam klasemen konstruktor MotoGP.

    Honda disalahkan atas insiden tersebut, itulah kenapa poinya dikurangi 25 oleh Race Direction MotoGP. Tim prinsipal HRC Livio Suppo memilih untuk tidak melakukan banding apapun kepada Race Direction. Soal sanksi yang diterima Marquez, menurut Suppo bahwa Race Direction hanya ingin memberikan warning kepada Marquez.

    “Saya belum berbicara dengan Nakamoto tapi saya tidak berpikir untuk melakukan banding kepada Race Direction. Race Direction memberikan satu poin pinalti hanya ingin memberikan peringatan kepada Marc”, ujar Livio Suppo, dikutip dari GPOne.

    “Keputusan tersebut menunjukkan bahwa dalam kasus ini dia (Marquez) tidak melakukan sesuatu yang salah. Tetapi lebih memperhitungkan insiden sepanjang musim ini, dimana Marquez melakukan banyak kontak dengan pembalap yang ada didepanya. Dani juga mengakui bahwa pada saat itu Marc tidak melakukan manuver terlalu agresif”, lanjutnya.

    Proteksi Kabel TCS Roda Belakang RC213V

    Race Direction MotoGP menganggap bahwa Honda bersalah dalam hal safety karena tidak memasang proteksi kuat pada kabel TCS roda belakang RCV. Sepanjang sejarah MotoGP, baru kali ini ditemukan kasus semacam ini. Selain itu, kontrol traksi menjadi tidak berfungsi normal setelah kabel tersebut putus. Untuk alasan inilah, Race Direction menjatuhkan sanksi 25 poin konstruktor terhadap.

    “Kami sudah memasang proteksi (pelindung) pada kabel kontrok traksi tersebut, yang sebelumnya terlihat terlalu terbuka. Kami juga sudah memodifikasi software-nya. Dan jika terjadi kegagalan, kontrol traksi sekarang masih bisa terus berfungsi tapi masuk ke safe mode (mode aman)”, ujar Takeo Yokoyama selaku Technical Director HRC.

    Yamaha justru semakin bejo atas insiden yang menimpa kubu rivalnya tersebut, dimana selisih poin konstruktor antara keduanya menjadi sangat tipis.

    Klasemen Konstruktor MotoGP 2013:
    
    Pos Manufacturers           Poin
    1. Honda                    316 - 25 = 291
    2. Yamaha	            290 ^ +1
    3. Ducati	            123
    4. ART/Aprilia	             78
    5. FTR/Kawasaki	             35

    KOMENTAR