Home MotoGP Sepang, Malaysia Analisa Rossi Soal RC213V: M1 Kami Fantastis, Tapi Honda Terlalu Cepat

    Analisa Rossi Soal RC213V: M1 Kami Fantastis, Tapi Honda Terlalu Cepat

    SHARE

    Valentino Rossi - FP2 MotoGP Sepang 2013
    Sepang, MESINBALAP.com – Setelah sesi latihan bebas Jum’at berakhir, Valentino Rossi langsung cabut ke garasi Yamaha mulai menganalisa peta kekuatan pacuan Honda RC213V, bukanya malah mengeluh. Pasalnya duo Yamaha factory juga dipecundangi oleh tim satelitnya sendiri dalam laga latihan bebas hari ini.

    Rossi mengakui Honda punya banyak keunggulan di Sepang dan jauh lebih cepat darinya dan hal itu terlihat saat sesi latihan bebas hari ini, seperti apa yang diungkapkannya. Duo tim Repsol Honda kokoh dipuncak, tak tersentuh sama sekali sampai sesi berakhir.

    “Cal (Crutchlow) sedikit mengalahkan saya, tapi di belakang duo Honda sepertinya akulah yang paling kuat, serta laju saat balapan. Masalahnya adalah bahwa motor pabrikan Honda sangat, sangat cepat. Kami harus berusaha semaksimal mungkin, tak akan menyerah dan berusaha berbenah”, ujar Rossi kepada wartawan Crash.net.

    Pembalap berdarah Italia ini yakin balapan nanti akan berjalan sangat berat baginya. Namun, Rossi sendiri merasa terdorong semangat karena Lorenzo bisa bertarung di barisan depan dalam beberapa balapan sebelumnya.

    “Tapi bagi saya pribadi, mereka (Honda) memiliki keunggulan, mereka terlalu cepat. Pedrosa 2 menit 0,5 detik, tetapi Marquez juga cepat. Dan dalam ritme balapnya, mereka jauh lebih cepat dari saya. Pokoknya dalam beberapa balapan terakhir Jorge mampu bertarung dengan Honda. Jadi kami juga harus berusaha, tapi rasanya itu akan sangat berat”, lanjut Rossi.

    Rossi Garasi Yamaha, Sepang

    Lebih lanjut, Rossi merasa pacuan RC213V kini punya banyak keunggulan di setiap sektor sirkuit seperti dalam hal power, konsumsi bahan bakar dan kecepatanya di trek lurus serta dua jokinya juga sangat cepat. Namun, keunggulan yang paling mencolok terlihat saat memasuki tikungan, dimana RCV bisa diajak late braking dekat dengan tikungan.

    “Motor kami fantastis, tetapi perilakunya seperti halnya motor biasa. Kami bisa sangat cepat di tikungan yang lebih panjang. Tapi Honda telah menemukan sesuatu yang istimewa dalam sektor tikungan sempit. Mereka dapat membuat racing line yang berbeda, mereka mampu mengubahnya sangat banyak, bahkan hampir terlalu banyak.”

    “Motor kami memiliki balance yang baik dan dengan seamless gearbox sekarang kami tidak terlalu kalah dalam hal akselerasi. Namun, Honda lebih kencang di tikungan dan mampu memanfaatkan akselerasinya. Sepertinya motor mereka bisa berpikir dan mempelajari semua jenis ban, motor kami biasa saja.”

    Rossi menilai Honda menemukan sesuatu pada RCV setelah seri Brno tahun lalu, sedangkan tahun ini mereka membuat satu langkah berbeda lagi, lain daripada yang lain. Diakui Rossi, SSG Yamaha masih belum bisa banyak membantunya saat memasuki tikungan, belum bisa sehalus SSG Honda. Selain itu, YZR-M1 masih menderita banyak hentakan keras saat melakukan perpindahan gigi.

    Rossi - Free Practice 2 Sepang

    “Sebelumnya, di sektor pengereman dan saat memasuki tikungan, Yamaha selalu sangat cepat. Sampai akhirnya di Brno tahun lalu ketika Honda menemukan sesuatu dan tahun ini mereka membuat sebuah langkah berbeda lagi. Kelihatannya mereka bisa menggunakan ban depan dengan cara yang lebih baik, hal itu bisa diperhatikan dengan cara mengikuti mereka. Saya tak tahu apakah itu benar.”

    “Seamless gearbox kami tidak banyak membantu motor menjadi lebih halus saat memasuki tikungan, tapi gearbox Honda mampu. Kami sedang bekerja keras dengan insinyur Jepang untuk menyempurnakan SSG kami. Gearbox baru ini cepat tetapi masih mengalami banyak hentakan keras saat melakukan perpindahan gigi.”

    “Tapi ini hal yang normal, kami hanya mengalaminya selama tiga balapan dan Honda menderita penyakit tersebut selama tiga tahun. Tapi keunggulan Honda bukan hanya pada gearbox, tapi juga pada set-up sasis”, jelas Rossi.

    KOMENTAR