Home Ducati Hayden Terkejut Insinyur Aprilia Membelot ke Ducati

    Hayden Terkejut Insinyur Aprilia Membelot ke Ducati

    SHARE

    Nicky Hayden Sepang FP2
    Sepang, MESINBALAP.com – Gigi Dall’Igna adalah insinyur yang paling diperhitungkan di Aprilia, berkat kepiawaianya pula Aprilia sukses membawa RSV4 menggondol juara dunia WSBK pada 2010 dan 2012 silam. Dall’Igna juga punya andil besar dalam mengembangkan pacuan CRT Aprilia di MotoGP, yang kabarnya bakal dijejali seamless-shift gearbox, sasis anyar dan mesin baru, bukan lagi menggunakan RSV4 Superbike.

    Namun, impian itu mulai kandas perlahan-lahan saat insinyur Aprilia tersebut memutuskan hengkang ke Ducati dan menggantikan posisi Bernhard Gobmeier sebagai GM Ducati Corse baru. Otomatis semua proyek Aprilia di MotoGP bakal tersendat, karena pria inilah otak dibalik pengembangan tersebut. Tak ayal, Jorge Martinez selaku pemilik Tim Aspar CRT mulai ragu juga, sambil melirik motor versi produksi Honda.

    Nicky Hayden yang bakal didepak Ducati tahun depan juga merasa kaget. Pasalnya, Hayden mempertimbangkan tawaran tim Aspar CRT karena dibalik mereka ada sesosok insinyur yang disegani “Dall’Igna”. Alhasil, pembalap berdarah Amerika ini juga mulai ragu dan menimbang nimbang opsi lainnya untuk tahun depan.

    “Saya belum menandatangani kesepakatan apapun dengan Aprilia dan hal itu pasti bisa berubah. Saya perlu memahami apa yang terjadi jika Aprilia melakukan segalanya tanpa Gigi. Saya sangat dekat dengan kontrak tersebut, jadi saya sangat terkejut melihatnya pergi. Ducati tidak memberikan saya kenikmatan apapun. Mereka tak hanya memecat saya tapi mereka juga telah mengambil orang yang akan menjadi insinyur baru saya”, ujar Hayden kepada MCN.

    “Saya tahu itu merupakan sebuah kemungkinan, tetapi saat saya berada di Aprilia sesudah balap Misano; Gigi mengatakan kepada saya bahwa itu tidak akan terjadi. Jadi saya pastinya terkejut tentang hal itu. Gigi telah meraih banyak prestasi dan itulah kenapa saya terkesan padanya. Itu sebabnya Aprilia merupakan opsi yang begitu baik.”

    Hayden Sepang

    Hayden sebelumnya dikabarkan siap menandatangani kontrak dengan tim Aspar Aprilia dan berbekal pacuan ART 1000 terbaru pada musim depan. Namun rencanya berubah karena cabutnya Dall’Igna ke Ducati. Tim Aspar akhirnya juga ikut kelimpungan. Mereka terlibat pembicaraan dengan HRC untuk membeli dua unit RCV1000R versi produksi untuk musim depan.

    “Rencana tersebut pastinya bakal berubah dan sekarang kami akan mengevaluasi kembali. Saya belum menandatangani kontrak apapun. Saya sangat dekat dengan Aprilia dan pada dasarnya banyak kesepakatan terjadi, meskipun belum ada kontrak secara tertulis. Tapi sekarang kami tak tahu lagi apa yang sedang terjadi dengan Aprilia”, lanjutnya.

    “Kami perlu tahu apakah mereka masih punya komitmen, karena itu membutuhkan banyak uang dan sebuah proyek besar dalam mengembangkan motor MotoGP, jadi kami harus memahami jika mereka masih ingin melanjutkanya.”

    “Saya punya perasaan yang baik dengan orang-orang Aspar tapi sekarang kami mempertimbangkan pilihan lagi, yang pasti lebih baik untuk jangka panjang. Honda datang kembali dan ada banyak pilihan untuk dipilah-pilah seperti harga motor dan juga sponsor”, jelas Hayden.

    KOMENTAR