Home Honda Squad Aspar dan Hayden Resmi Berlabuh ke Honda Musim Depan

    Squad Aspar dan Hayden Resmi Berlabuh ke Honda Musim Depan

    SHARE

    Shuhei Nakamoto (HRC) & Jorge Martinez (Aspar)
    Melbourne, MESINBALAP.com – Sudah bisa ditebak sebelumnya jika tim Power Electronics Aspar melirik tawaran Honda dengan pacuan RCV versi produksinya, begitu pula dengan Nicky Hayden. Pembalap Amerika tersebut sudah resmi bergabung bersama Aspar dan Honda mulai musim depan setelah menandatangani kontrak hari ini di Australia.

    “Ini merupakan berita besar bagi Tim Power Electronics Aspar karena diakuisisi oleh Honda dan Nicky Hayden. Kami mengambil langkah maju yang besar dalam hal kualitas, gengsi dan citra. Kami telah berkembang banyak dalam waktu yang relatif singkat dan kami semua sangat gembira terhadap proyek baru ini bersama Honda”, ujar Jorge Martinez selaku pemilik tim Aspar.

    Jelas alasan cabutnya Aspar dari Aprilia ke Honda adalah karena perginya Gigi Dall’Igna ke Ducati. Hengkangnya insinyur teknis Aprilia tersebut adalah masalah yang paling dikhawatirkan Jorge Martinez selama ini, sampai Nicky Hayden pun terkejutnya karena kepergiannya. Maklum Dall’Igna sudah janji sama Hayden jika dirinya tak akan meninggalkan Aprilia.

    “Tujuan kami adalah tetap menjadi titik acuan di kelas premier. Saya pikir kombinasi Honda versi produksi MotoGP dan Nicky Hayden akan menjadi salah satu yang sangat sukses. Kami sangat gembira bisa bekerja sama dengan Honda dan seorang pembalap seperti Nicky, juara dunia dengan pengalaman besar”, lanjutnya.

    Pengumuman resmi ini sekaligus menandai Power Electronics Aspar akan menjadi tim ketiga di kelas premier MotoGP yang menggunakan Honda RCV1000R versi produksi. Sebelumnya tim Gresini dan Cardion AB sudah terlebih dulu menandatangani kontrak mereka dengan Honda.

    Honda RCV1000R

    “Ini merupakan perubahan besar bagi kami setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan pabrikan Italia tetapi kami punya harapan yang tinggi pada proyek baru ini. Kami siap menghadapi tantangan dan kami akan memberikan upaya maksimal untuk memastikan Tim Power Electronics Aspar terus mencapai puncak kesuksesan”, jelas Jorge Martinez.

    Hayden dan Aspar sendiri menandatangani kontrak selama dua tahun dengan Honda, mulai tahun 2014 hingga 2015. Tapi squad Aspar belum memutuskan siapa yang bakal menjadi rekan setim Hayden mulai musim depan. Yang jelas Hayden dapat sokongan dari Honda Amerika.

    “Saya cukup senang dengan apa yang saya punya. Itu merupakan motor produksi dan tentu saja saya lebih suka (motor) pabrikan Honda tapi kami harus paham seberapa kompetitif motor ini. Saya mencintai tim dan apa yang saya dengar dari Honda tentang hal tersebut”, kata Hayden sebelum pengumuman resmi bergabungnya Aspar ke Honda.

    Honda RCV1000R versi produksi menggunakan basis mesin yang sama seperti prototipe RC213V, bedanya tanpa klep pneumatik dan seamless-shift gearbox. Selain itu, RCV1000R harus menggunakan ECU standar Magneti Marelli dari Dorna, termasuk hardware dan softwarenya serta diijinkan untuk menggunakan 12 mesin selama satu musim.

    Standar Dorna setiap motor versi produksi diperbolehkan menggunakan tangki bahan bakar 24 liter, tapi HRC memilih menggunakan 23 liter.

    KOMENTAR