Home MotoGP Ini Dia Nama Baru untuk Kelas CRT MotoGP Musim Depan

    Ini Dia Nama Baru untuk Kelas CRT MotoGP Musim Depan

    SHARE

    Regulasi MotoGP 2013
    MESINBALAP.com – Kelas CRT sudah jelas tak akan ada lagi baunya pada musim depan dan bakal digantikan dengan motor versi produksi MotoGP yang dijual Honda dan Yamaha. Jelang GP Phillip Island, Komisi Grand Prix telah mengumumkan nama baru untuk untuk Kelas CRT MotoGP mulai musim depan yakni “Open”.

    Open artinya terbuka untuk siapapun, bahkan tim privat pun diijinkan untuk ambil bagian di kelas baru tersebut. Semua mesin privateer atau versi produksi MotoGP diwajibkan menggunakan standar ECU Magneti Marelli dari Dorna dan dengan 24 liter maksimum bahan bakar.

    Pernyataan MotoGP sendiri agak membingungkan, jika sebelumnya wajib pakai hardware dan software ECU dari Magneti Marelli, kini karena alasan tertentu diijinkan untuk menggunakan software ECU dari pabrikan, misalnya RCV versi produksi dengan software ECU dari Honda.

    Tapi perlu digaris bawahi bahwa jika menggunakan software ECU dari pabrikan, maka tim tersebut akan dianggap berkompetisi dibawah opsi tim pabrikan. Selain itu, tim wildcard di MotoGP mulai tahun depan diijinkan menggunakan perangkat ECU dan software apa pun alias tidak dipaksa untuk menggunakan ECU dari Magneti Marelli.

    “Telah diumumkan bahwa entri kelas MotoGP yang memilih menggunakan ECU Magneti Marelli tetapi dengan software mereka sendiri, maka akan ditetapkan sebagai pesaing dibawah opsi ‘Factory’. Entri wildcard di kelas MotoGP akan diijinkan menggunakan maksimal tiga mesin dalam setiap eventnya”, ujar Komisi Grand Prix.

    “Karena alasan praktis dan biaya, entri wildcard di kelas MotoGP bebas menggunakan perangkat ECU dan software apa pun.”

    KOMENTAR