Home MotoGP Phillip Island, Australia Format Baru MotoGP Phillip Island: Semua Pembalap Wajib Masuk Pit Pada Balapan...

    Format Baru MotoGP Phillip Island: Semua Pembalap Wajib Masuk Pit Pada Balapan Besok

    SHARE

    MM93 Phillip Island 2013
    Melbourne, MESINBALAP.com – Race Direction MotoGP telah mengumumkan sebuah format baru khusus untuk balapan hari Minggu besok di Phillip Island. Semua pembalap diwajibkan masuk ke pit setidaknya satu kali untuk mengganti motor mereka dengan motor kedua (mesin ke-2) plus ban segar baru.

    Pengumuman resmi ini dirilis setelah sesi kualifikasi tadi siang, dimana Bridgestone telah menganalisan bahwa ban slick belakang mereka tak akan kuat digunakan hingga lebih dari 14 lap. Soal safety, Bridgestone pun tak menjamin jika ban slick tersebut digunakan lebih dari 14 lap.

    Penyebab utamanya adalah permukaan aspal baru sirkuit Phillip Island yang dinilai mengakibatkan temperatur ban menjadi sangat tinggi, cepat aus dan menurunkan daya tahan ban secara drastis. Meskipun aspal baru ini sangat mulus dan meningkatkan daya cengkraman ban.

    Itulah sebabnya Bridgestone juga memaksa semua pembalap untuk memakai ban berkompon keras dibanding lunak/soft. Format balapan besok persis seperti format “flag-to-flag” yang biasanya dipakai pada balapan basah/kering untuk mengganti ban slick ke ban basah, bedanya besok semua pembalap akan mengganti ban slick ke slick.

    Intinya mengganti ban yang sudah dipakai dengan ban baru yang lebih segar, untuk meminimalisir terjungkalnya pembalap karena suhu ban yang sangat tinggi. Format unik ini adalah pertama kalinya dalam sejarah MotoGP dan baru dipakai di Phillip Island besok.

    Balapan di Phillip Island besok akan berlangsung hingga 26 lap, artinya setiap pembalap akan mengganti ban hanya satu kali. Berikut ini pernyataan resmi Race Direction MotoGP:

    “Kami telah diberitahu oleh Bridgestone bahwa mereka tidak dapat menjamin keamanan ban slick bagian belakang mereka (jika digunakan) lebih dari 14 lap. Oleh karena itu (kami) telah memutuskan untuk membuat perubahan berikut untuk balapan kelas MotoGP demi kepentingan keselamatan pembalap.”

    1. Balapan akan berlangsung hingga 26 lap (Sebelumnya dijadwalkan 27 lap).
    2. Setiap pembalap diwajibkan masuk ke pit dan mengganti (motor mereka) dengan mesin kedua mereka dan ban segar (baru), setidaknya sekali selama balapan berlangsung.
    3. Pembalap tak akan diizinkan untuk membalap lebih dari 14 lap dengan hanya satu ban belakang slick. Artinya perubahan motor/ban ini (harus dilakukan) sebelum lap ke-12 yang akan memerlukan motor/ban kedua untuk menyelesaikan balapan.
    4. Pembalap yang menggunakan mesin pabrikan dan satelit diwajibkan untuk menggunakan opsi ban keras (B51DR). Jumlah (ban) tambahan akan dialokasikan oleh Bridgestone.
    5. Pembalap yang menggunakan mesin CRT diwajibkan untuk menggunakan opsi ban keras (B50DR). Jumlah (ban) tambahan akan dialokasikan oleh Bridgestone.
    6. Batas kecepatan di zona pit-lane akan diperpanjang baik pada saat masuk maupun keluar serta pintu keluar menuju lintasan ditandai dengan garis putih di area run-off, (pembalap yang) melintasi garis ini akan dikenai hukuman.

    KOMENTAR