Home MotoGP Motegi, Jepang MotoGP Motegi 2013: Keluhan Rossi Masih di Sektor Pengereman M1

    MotoGP Motegi 2013: Keluhan Rossi Masih di Sektor Pengereman M1

    SHARE

    Rossi Phillip Island 2013
    Tochigi, MESINBALAP.com – Masalah sektor pengereman Yamaha M1 masih menjadi topik penting bagi Rossi dan timnya. Di Motegi pekan ini, pembalap Yamaha tersebut sudah mewanti-wanti timnya jika sektor rem M1 tak segera disempurnakan maka bisa menimbulkan masalah dalam kondisi trek kering.

    Sirkuit Twin-Ring Motegi berkarakter cepat “Stop & Go”, membutuhkan banyak akeselerasi cepat dan pengereman keras di setiap tikungan mati. Fungsi girboks seamless mungkin bisa terasa disini, tapi juga harus disertai perangkat rem yang bagus.

    “Kami tiba di sini [Motegi] dan saya suka trek ini. Sirkuit ini sangat sulit dan sangat menuntut kondisi fisik serta motor, terutama di sektor pengereman. Itu bisa menjadi masalah jika [kondisi sirkuit] menjadi kering, tapi cuacanya tak terlihat fantastis dan semua pembalap mengharapkan kondisi basah”, ujar Rossi.

    Sepanjang musim ini, tak hanya masalah akselerasi, YZR-M1 juga selalu kedodoran dalam sektor pengereman dan sulit diajak late braking. Banyak contohnya, seperti di Brno saat Lorenzo duel mati-matian dengan duo Honda dan juga di Sepang.

    “Kami punya kesempatan untuk balapan [dalam kondisi] basah, saya tak berpikir tahun ini ada hujan lagi sejak Le Mans. Sehingga kami beruntung sepanjang musim ini dan sekarang tampaknya kami harus membayar sedikit untuk cuaca pada akhir pekan ini”, tutup Rossi.

    KOMENTAR