Home MotoGP Suzuki Akan Ambil Bagian Pada Tes MotoGP Sepang 2014

    Suzuki Akan Ambil Bagian Pada Tes MotoGP Sepang 2014

    SHARE

    Prototipe Suzuki MotoGP 2015
    Sugo, MESINBALAP.com – Suzuzki mengumumkan bahwa mereka berniat ambil bagian dalam tes musim dingin yang akan digelar di sirkuit Sepang Malaysia pada 2014 mendatang. Sebagai pengganti GSV-R800, pabrikan Jepang tersebut berkomitmen ingin membuat prototipe 1000cc terbaru-nya menjadi lebih kompetitif untuk bersaing melawan Honda, Yamaha dan Ducati.

    Tes MotoGP di Sepang Malaysia akan berlangsung dalam dua sesi pengujian, tes pertama akan digelar pada 4 Februari dan pengetesan terakhir pada 26 Februari, 2014. Pekan ini Suzuki juga ambil bagian dalam tes tiga hari yang digelar di sirkuit Sugo, Jepang bersama dua pabrikan Jepang lainnya Honda dan Yamaha.

    “Kami telah berkomitmen akan melakukan dua kali tes di Sepang pada awal tahun depan. Dan kemudian, kami juga berencana akan melakukan beberapa tes setelah balapan pada hari Senin-nya, seperti yang sudah kami lakukan musim ini. Di satu sisi, anda benar-benar paham sebuah level ketika anda mengikuti balapan. Balap merupakan tes terbaik yang bisa anda lakukan”, ujar Davide Brivio kepada MCN.

    Mantan manajer Yamaha sekaligus bos Rossi tersebut melanjutkan penjelasannya kepada MCN:

    “Tapi kami memutuskan untuk menunda selama satu tahun agar bisa sedekat mungkin dengan balapan. Proyek ini untuk mencoba dan mempertahankan level yang sangat tinggi tanpa ikut balapan, sehingga anda harus menebak dimana anda berada dan itulah sebabnya penting untuk pergi ke Sepang, karena semua orang akan melakukan pengujian pada prototipe 2014 mereka.”

    Suzuki GSV-R1000 2015

    “Kami bisa memahami bagaimana agar mendapatkan beberapa informasi tentang level (prototipe) kami dan kemudian menunda satu tahun lagi untuk melakukan pengembangan. Ada baiknya untuk mencari tahu level (kami) pada bulan Februari, bukan pada bulan Agustus.”

    Prototipe baru Suzuki tersebut dibekali dengan mesin 1000cc inline 4-silinder dan saat ini masih menggunakan 21 liter tangki bahan bakar. Selain itu, perangkat ECU-nya saat ini juga masih disuplai oleh Mitsubishi, termasuk software dan hardware-nya.

    Karena itulah, Suzuki menyatakan berniat ambil bagian dalam tes MotoGP Sepang musim depan sekaligus juga untuk menguji coba perangkat ECU Magneti Marelli dan 20 liter tangki bahan bakar pada prototipe terbarunya.

    “Mereka (insinyur Suzuki) mengembangkan itu di Jepang dan mudah-mudahan pada tes pertama Sepang nanti kami sudah memiliki Magneti Marelli pada prototipe tersebut”, kata Brivio ketika ditanya soal perangkat ECU Mitsubishi dan Magneti Marelli.

    KOMENTAR