Home MotoGP Valencia, Spanyol Lorenzo Makin Gerah, Marquez: Ingatlah Aku Masih Rookie Bro!

    Lorenzo Makin Gerah, Marquez: Ingatlah Aku Masih Rookie Bro!

    SHARE

    MM93 - MotoGP Motegi 2013
    Valencia, MESINBALAP.com – Laga final MotoGP Valencia pekan depan akan jadi penentu apakah Marquez bisa membuktikan dirinya layak jadi juara dunia. Rookie Honda ini cuman butuh finis di posisi 4, maka dia sudah bisa jadi juara dunia, tak perlu meladeni pancingan si Black Mamba.

    Marquez tak mau ambil pusing meski rivalnya tersebut mengantongi empat kemenangan dalam enam balapan terakhir dengan kondisi prima, sementara dia hanya satu kali. Lagi pula Marquez juga masih unggul 13 poin atas Lorenzo.

    “Di Motegi saya punya kepercayaan diri yang baik sejak awal, tapi kemudian saya merasa mencapai limit. Saya berusaha menyalip Jorge tapi saya melihat terlalu banyak resiko di sana. Pada akhirnya saat dia melaju lebih cepat, saya merasa sudah terlalu banyak mengambil resiko. Kemudian saya berkata ‘OKE’ lebih baik mengambil 20 poin untuk kejuaraan ini”, ujar Marquez.

    Nah di Valencia mendatang, keduanya baik Marquez maupun Lorenzo punya potensi untuk menyabet gelar juara dunia. Namun, beban yang dipikul Lorenzo sangat besar, dia tak hanya butuh podium pertama tapi juga harus membuat Marquez menjauh dari posisi 4 besar alias dibuang ke barisan belakang.

    Mungkin saja itu bisa terjadi jika Yamaha melakukan team order, memaksa semua pembalapnya untuk membantu Lorenzo menjegal Marc Marquez. Tapi mari kita lihat dulu statistik MotoGP Valencia dalam 11 tahun terakhir, siapa yang paling banya menang.

    Baros & Rossi (Honda RC211V) - Valencia 2002

    Honda paling banyak mengantongi kemenangan di sana sejak era MotoGP 4-tak digulirkan pada 2002 silam, bukan hanya karna faktor SSG semata. Tercatat ada 7 kemenangan yang dikantongi pembalap Honda, sedangkan Yamaha dan Ducati hanya dua kali menang.

    Pedrosa merupakan pembalap yang paling banyak mengantongi kemenangan di Valencia (2007, 2009 dan 2012), sedangkan Rossi dua kali menang secara berturut-turt baik bersama Honda (2003) dan Yamaha (2004). Stoner juga dua kali menang bersama Ducati (2008) dan Honda (2011), sisanya dimenangi oleh Lorenzo (2010), Barros (2002), Baylis (2006) dan Melandri (2005).

    Kalau Marquez? Ya belum punya statistik kemenangan lah mas bro, lawong ini tahun pertamanya di kelas premier MotoGP. Tapi tahun lalu di kelas Moto2, Marquez menyabet kemenangan di Valencia, sekaligus pulang kampung untuk merayakan gelar juara dunianya.

    “Jangan lupa, ini adalah tahun pertama saya [di kelas premier MotoGP] dan gelar juara dunia awalnya bukanlah target kami. Tapi bagaimanapun, kami akan berusaha 100 persen untuk meraihnya. Valencia akan sangat menarik. Saya hanya perlu berkonsentrasi pada tugas saya, motor saya dan berusaha sebaik mungkin”, lanjut pembalap Honda itu.

     

    STATISTIK MOTOGP VALENCIA 2002-2012
    2002 Alex Barros (Honda)
    2003 Valentino Rossi (Honda)
    2004 Valentino Rossi (Yamaha)
    2005 Marco Melandri (Honda)
    2006 Troy Bayliss (Ducati)
    2007 Dani Pedrosa (Honda)
    2008 Casey Stoner (Ducati)
    2009 Dani Pedrosa (Honda)
    2010 Jorge Lorenzo (Yamaha)
    2011 Casey Stoner (Honda)
    2012 Dani Pedrosa (Honda)

     

    [tabgroup button=””]
    [tab title=”PHOTO GALLERY“]


    [/tab]
    [/tabgroup]

    KOMENTAR