Home Ducati Sangar!! Ducati 1199 Panigale dengan Frame Teralis Pierobon

    Sangar!! Ducati 1199 Panigale dengan Frame Teralis Pierobon

    SHARE

    Foto Ducati 1199 Panigale Frame Teralis Pierobon
    Bologna, MESINBALAP.com – Tampang sangar Ducati 1199 Panigale semakin terekspos dengan menggunakan Frame Teralis Pierobon yang diproduksi oleh pabrikan sasis asal Italia yakni Pierobon.

    Pierobon menekankan bahwa mereka ingin mengembangkan sebuah kit sasis dengan basis bolt-on frame (baut di dalam frame) dengan material baja teralis, dimaksudkan untuk menggantikan desain Ducati frameless (tanpa frame) seperti yang diaplikasikan pada Ducati Desmo GP9-GP10.

    Tujuannya penggunaan rangka teralis Pierobon ini adalah agar bobot Ducati 1199 Panigale semakin ringan tetapi tetap memiliki tingkat kekakuan sasis yang sama dengan Pierobon X60R dan Pierobon F042 (keduanya bermesin Ducati EVO1100).

    Sasis Teralis tersebut menggunakan pipa baja berdiameter 28mm dan pengembangnya telah memenuhi standar bobot yang telah ditetapkan oleh Pierobon sendiri. Menurut analisa komputer yang dilakukan oleh insinyur Pierobon bahwa tingkat kekakuan torsional sasis tersebut kabarnya juga sudah memenuhi standar Ducati.

    Pierobon hanya perlu menjajal Panigale dengan frame Teralis tersebut di sirkuit balap. Sasis yang ditawarkan oleh Pierobon tersebut diklaim memudahkan setiap tim balap WSBK saat melakukan penggantian mesin Panigale (engine swaps). Namun, pabrikan sasis Italia tersebut juga diharuskan mengembangkan desain airbox sendiri untuk semua sasis teralis tersebut.

    Nama Pierobon memang belum begitu terkenal di dunia, mungkin tak setenar Kalex maupun Suter yang mengembangkan sasis untuk kuda besi 600cc Moto2. Namun, Pierobon setidaknya merupakan desainer sekaligus pabrikan sasis asal Italia yang membantu tim Alstare Ducati WSBK dalam mengembangkan sub-frame teralis belakang untuk Ducati 1199 Panigale RS13 (spek WSBK).

     

    [tabgroup button=””]
    [tab title=”PHOTO GALLERY“]


    [/tab]
    [/tabgroup]

    Via: asphaltandrubber.com

    KOMENTAR