Home MotoGP MotoGP 2011: Honda Melakukan Uji Coba Prototype Baru 1000cc

    MotoGP 2011: Honda Melakukan Uji Coba Prototype Baru 1000cc

    SHARE

    MotoGP 2011. Honda Pabrikan Sepeda motor asal Jepang yang sedang melakukan pengembangan mesin prototype baru 1000cc untuk musim depan tersebut baru saja melakukan uji coba motor prototype pengembangan 1000cc di Sirkuit, Suzuka, Jepang  pekan lalu. Seperti di beritakan di situs reminya motogp.com. Honda menyelesaikan uji coba mesin barunya di Sirkuit Suzuka pada tanggal 14 dan 15 April 2011. Hal tersebut dilakukan Honda sebagai persiapan untuk menghadapi regulasi baru MotoGP musim 2012. Dimana regulasi baru kelas bergengsi tersebut berubah dari regulasi mesin prototype 800cc menjadi 1000cc. Jadi penasaran nih kayak apa ya mesin baru Honda 1000cc tersebut? Apakah dikembangkan dari Basis mesin RC212V ataukah dari basis mesin motor Honda lainnya?

    Prototype baru Honda 1000cc

     Kabar yang beredar bahwa Honda membuat mesin prototype 1000cc tersebut mengambil basis dari Mesin Honda RC45. Namun, saya tidak tau pasti akan hal tersebut benar atau tidaknya. Hanya Honda yang tau dan mungkin saja pihak HRC masih menyembunyikan rahasia mesin baru Honda 1000cc tersebut. 

    Kembali ke berita uji coba mesin Honda 1000cc di Suzuka, jepang. Dalam uji coba mesin baru selama dua hari di Sirkuit Suzuka, Jepang tersebut, HRC masih menggunakan pembalap Tester profesional miliknya yakni Kousuke Akiyoshi dan Tadayuki Okada. Dengan dirubahnya regulasi baru yakni kapasitas maksimum mesin prototype baru 2012 menjadi 1000cc. Sebagai persiapan memulai musim depan, pabrikan-pabrikan  yang ikut serta diregulasi baru tersebut sudah bersiap-siap dalam proses pembangunan dan pengembangan baru untuk mesin prototype baru mereka. Pabrikan Ducati misalnya telah menyelesaikan uji coba mesin terbarunyaGP12 pertama kali di sirkuit Jerez, Spanyol pada awal bulan. Sedangkan dari pihak Pabrikan Yamaha menyatakan, bahwa Jorge Lorenzo baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia disuruh untuk mencoba versi baru mesin Yamaha YZR-M1 2012 setelah MotoGP seri Mugello pada bulan Juli mendatang.

    Kabarnya regulasi baru MotoGP 2012 tersebut meminimalisir penggunaan parts-parts yang berharga mahal. Sehingga bisa menekan dan menghemat biaya setiap Team maupun Pabrikan yang turut serta di regulasi terbaru MotoGP 2012 tersebut. Kabarnya Pihak penyelenggara MotoGP tersebut membuat regulasi baru tersebut agar balap MotoGP bisa lebih meriah dan banyak peserta yang bisa mengikutinya. Seperti WSBK yang banyak sekali peserta pembalap dan team yang mengikuti.

    KOMENTAR