Home MotoGP Tanpa Dall’Igna, Aprilia Siap Kembangkan Prototipe Baru untuk MotoGP

    Tanpa Dall’Igna, Aprilia Siap Kembangkan Prototipe Baru untuk MotoGP

    SHARE

    Aprilia RSV4 ART
    Milan, MESINBALAP.comMembelotnya Gigi Dall’Igna ke Ducati ternyata tak menyulutkan niat Aprilia untuk kembali ke MotoGP pada 2016 mendatang. Dua hari yang lalu di EICMA Show, pabrikan Italia tersebut melalui induk perusahaannya Piaggio justru mengumumkan ingin kembali ke MotoGP, sayang tiga tahun lagi.

    “Pada 2016 mendatang, Aprilia akan kembali ke MotoGP dengan tujuan menang dan meraih kesuksesan yang sama seperti yang kami nikmati di WSBK”, ungkap Roberto Colaninno selaku CEO Piaggio.

    Piaggio sendiri yang merupakan induk perusahaan dari Aprilia, Gilera, Derbi, Moto Guzzi dan Vespa. Salah satu anak perusahaannya yakni Aprilia, sukses bermain di kelas CRT selama dua tahun (2012-2013), berbekal pacuan RSV4 WSBK.

    Aprilia secara gamblang menegaskan ingin bersaing dengan Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki. Itulah sebabnya mereka ingin serius terjun kembali ke kelas premier MotoGP yang telah mereka tinggalkan sejak beberapa tahun silam.

    Gigi Dall’Igna memang pergi ke Ducati, akan tetapi dia meninggalkan sebuah proyek pengembangan prototipe baru di Aprilia yang kabarnya siap dipakai musim depan. Pengembangan tersebut tersendat saat dia hengkang ke markas pabrikan Bologna, seperti pengembangan mesin baru disertai seamless girboks, dan sasis anyar.

    Pantas saja beberapa tim CRT Aprilia memutuskan pergi dan mengganti pacuan mereka dengan pacuan baru untuk musim depan, seperti tim Power Electronics Aspar dan Cardion AB yang memilih menggunakan Honda RCV versi produksi pada 2014 mendatang. Hanya tim PBM Aprilia yang belum mengumumkan rencananya.

    “Kami punya waktu dua tahun bekerja keras [untuk mengembangkan motor]. Tujuannya adalah untuk menang, seperti yang kami lakukan di Superbike”, lanjut Colaninno.

    KOMENTAR