Home MotoGP Valencia, Spanyol Jika Yamaha Terapkan Strategi Team Order, Bagaimana dengan Honda?

    Jika Yamaha Terapkan Strategi Team Order, Bagaimana dengan Honda?

    SHARE

    Marquez-Pedrosa Motegi 2013
    Valencia, MESINBALAP.com – Balapan final MotoGP Valencia pada hari Minggu nanti bakal menjadi sangat krusial bagi kedua kubu Honda dan Yamaha. Bukan hanya karena duel Marquez vs Lorenzo, tetapi juga karena kondisi cuaca Valencia yang bisa berubah menjadi hujan seperti tahun lalu.

    Mau diakui atau tidak, Team Order sudah pasti bakal diterapkan di MotoGP dalam keadaan genting, hanya saja tak bisa semulus seperti yang direncanakan. Ingat, Yamaha dinilai sudah menerapkan strategi Team Order sejak GP Motegi dua pekan yang lalu saat Rossi melejit di belakang Lorenzo untuk mengganjal laju Marquez.

    Sayangnya The Doctor tak mampu berbuat banyak, dirinya beberapa kali membuat kesalahan hingga terlempar ke barisan belakang. Jelang GP Valencia minggu ini, aroma Team Order sudah tercium, meskipun kedua kubu pastinya tak mau mengakuinya.

    Jika Yamaha sudah mulai melancarkan aksinya, bagaimana dengan Honda? Mungkinkah HRC akan menyuruh Pedrosa berada dibelakang Marquez untuk menjegal laju rivalnya? Jawabannya bisa jadi “YA”. Andaikan Team Order tak dijalankan, mungkin hal yang paling ditakutkan HRC adalah konfrontasi di dalam tim alias duel Marquez vs Pedrosa.

    Tau sendiri akibat fatal dari konfrontasi antara Marquez dengan Pedrosa di seri Aragon yang lalu berujung terjungkalnya si rider #26. Bukan hanya di Aragon tapi juga di Estoril 2006 alias satu seri sebelum balapan final MotoGP valencia 2006, saat itu Pedrosa menabrak Hayden yang sedang berburu gelar juara dunia MotoGP, hingga keduanya pun terjungkal mencium aspal bersamamaan.

    HRC memang tidak menginstruksikan kemungkinan Team Order yang bakal mereka jalankan pada akhir pekan ini. Tapi jangan salah, justru Stefan Bradl sang joki tim satelit LCR Honda mengungkapkan bahwa dirinya berharap segera menerima instruksi dari HRC untuk membantu Marquez dalam balapan nanti.

    “Gelar juara dunia tentu saja sangatlah penting bagi Honda. Saya berharap kami segera mendapatkan instruksi”, jelas Bradl.

    KOMENTAR