Home Honda HRC Buka Selubung Prototipe Honda RCV1000R di Valencia

    HRC Buka Selubung Prototipe Honda RCV1000R di Valencia

    SHARE

    All-New Honda RCV1000R
    Valencia, MESINBALAP.com – Honda Racing Corporation (HRC) hari ini secara resmi membuka selubung prototipe baru RCV1000R (versi produksi) di Valencia, wah gak jadi di perkenalkan di EICMA. Selubung yang menutupi kuda besi RCV1000R dibuka secara resmi oleh wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto dan Tomonori Sato selaku project leader RCV1000R.

    Secara keseluruhan, desain RCV1000R ini sama persis dengan prototipe RC213V yang digeber Marquez dan Pedrosa sepanjang musim ini. Hampir tak ada bedanya jika berbicara soal desain motor. Namun, bagaimana dengan spesifikasinya?

    Prototipe anyar ini bakal dipakai bersaing di kelas “OPEN” mulai musim depan, dengan spesifikasi standar ECU Magneti Marelli (termasuk hardware & software), 24-liter tangki bahan bakar dan 12 mesin per musim.

    Soal mesin, Honda RCV1000R menggunakan mesin yang sama seperti prototipe RC213V – mesin berkonfigurasi V4 90-derajat berkapasitas 1,000cc dilengkapi DOHC, 4-valve/cylinder dan berpendingin liquid-cooled. Mesin yang dipakai RCV1000R tersebut mampu melontarkan peak power hingga 235 HP atau sekitar 175 KW pada 16,000 rpm.

    Perbedaaan yang paling mencolok dengan pacuan resmi RC213V adalah seamless gearbox dan klep pneumatik. Motor kelas OPEN tersebut hanya dilengkapi dengan girboks konvensional dan spring valve (klep pegas). Selain itu, sistem pengeremannya menggunakan Nissin, bukan Brembo. Sedangkan suspensinya mengandalkan Öhlins.

    Honda tak mencangkokkan SSG dan klep pneumatik agar harganya tak kemahalan untuk tim privat yang ingin bersaing di kelas OPEN MotoGP. Pabrikan Jepang tersebut rencananya akan menguji coba RCV1000R dalam sesi tes tiga hari yang akan digelar di Valencia mulai Senin depan. Ada dua unit mesin yang akan dijajal pembalap Honda dalam tes tersebut.

    Sampai saat ini ada tiga pembalap yang sudah dikonfirmasi bakal menggunakan RCV1000R pada musim depan, yakni Nicky Hayden (Tim Aspar), Scott Redding (Honda Gresini) dan Karel Abraham (Cardion AB). Sedangkan Hiroshi Aoyama digadang-gadang bakal jadi pembalap ke-4, sebagai teman satu tim Hayden di Squad Aspar.

     

    [tabgroup button=”PHOTO GALLERY”]
    [tab title=”PHOTO GALLERY“]


    [/tab]
    [/tabgroup]

    KOMENTAR