Home MotoGP Valencia, Spanyol Dipensiunkan Rossi, Burgess Angkat Bicara: “Jelas Saya Kecewa”

    Dipensiunkan Rossi, Burgess Angkat Bicara: “Jelas Saya Kecewa”

    SHARE

    Jeremy Burgess - Konfrensi Pers Valencia 2013
    Valencia, MESINBALAP.com – Jeremy Burgess hanya bisa tertegun dan terkejut sembari menahan kekecewannya ketika mengetahui dirinya bakal dipensiunkan begitu saja oleh Rossi yang telah dia temani selama 14 tahun berkarir di MotoGP.

    Rossi secara mendadak memberitahu Burgess di Valencia pada Kamis kemarin bahwa dia akan menggantinya dengan kepala mekanik baru setelah seri final MotoGP Valencia akhir pekan ini, tulis editor MCN Matthew Birt (Jum’at, 8/11/2013). Engineer legendaris asal Australia tersebut tak pernah menduga sebelumnya jika Rossi bakal membuangnya dalam waktu dekat.

    Sebenarnya rumor mengenai perceraian Burgess dengan Rossi sudah muncul sejak hari Rabu kemarin di salah satu media Italia, tapi Burgess sendiri baru menyadari kebenaran rumor tersebut pada Kamis kemarin.

    Akhirnya sebuah konferensi pers pun di gelar Jum’at sore kemarin di area perhotelan Yamaha di sirkuit Valencia, dimana Burgess dan Rossi duduk berdampingan di depan jurnalis media guna menjelaskan perkara tersebut. Sontak wartawan pun melontarkan beragam pertanyaan kepada engineer berusia 60 tahun tersebut, bagaimana responnya ketika tahu bahwa dirinya bakal digantikan oleh kepala mekanik baru.

    “Jelas saya kecewa tapi saya bisa mengerti bahwa perubahan itu memanglah perlu. Saya tidak mengharapkan hal itu sama sekali. Sejarah akan membuktikan hasil akhir dari perubahan ini tapi yang paling utama adalah bekal untuk berubah dan meningkatkan paket secara keseluruhan bagi Valentino. Saya merasa nyaman dengan segala sesuatunya dan saya sudah punya bekal cukup baik di sekeliling rumah saya”, ungkap Burgess.

    Engineer tersukses dalam sejarah MotoGP ini memulai karirnya bersama Suzuki selama tiga tahun, kemudian singgah di Honda selama 21 tahun, menetap di Yamaha selama 8 tahun dan di Ducati hanya 2 tahun. Dengan keputusan mendadak yang diumumkan Rossi, sontak Burgess pun tak punya rencana mengenai masa depan karirnya di MotoGP.

    Burgess-Rossi - Valencia 2013

    Namun, banyak yang memperkirakan bahwa Burgess akan pensiun dan kembali ke kampung halaman-nya di Adelaide, Australia Selatan. Terlebih, usia Burgess sendiri sudah mencapai 60 tahun pada saat ini.

    “Saya belum punya rencana mengenai masa depan saya pada saat ini. Niat saya awalnya adalah melanjutkan hingga tahun depan. Sudah empat tahun kami mengejar pelangi dan kami belum mendapatkan sesuatu yang layak. Dan ini merupakan periode yang lama dalam balapan dan menjadi semakin sulit”, lanjut engineer kelahiran 16 April 1953.

    “Saya sudah membaca banyak buku biografi olahraga dan dalam banyak kasus seringkali seorang olahragawan top di penghujung karir mereka akan melakukan perombakan pelatih dan itulah apa yang terjadi pada kami sekarang.”

    “Kami telah bekerja selama empat tahun, berusaha untuk menyelesaikan masalah. Dan ini merupakan bagian dari penyelesaian masalah tersebut dan step berikutnya untuk membuat Valentino kembali ke posisi puncak, memperpanjang karirnya dan menjadi kompetitif lagi.”

    “Saya mengatakan dengan tegas bahwa kami tidak akan meraih gelar juara dunia lagi hingga kami bisa memenangi setiap balapan dan berada di podium. Kita semua tahu bahwa dalam dunia balap anda harus memenangkan balapan sebelum anda bisa meraih gelar juara dunia”, tutup Burgess.

    Via: motorcyclenews.com

    KOMENTAR