Home MotoGP Valencia, Spanyol Rossi Yakin “Ini Saat yang Tepat untuk Mengganti Burgess”

    Rossi Yakin “Ini Saat yang Tepat untuk Mengganti Burgess”

    SHARE

    Burgess-Rossi - MotoGP Valencia 2013
    Valencia, MESINBALAP.com – Valentino Rossi menilai perlunya mengganti posisi Burgess saat ini dengan engineer baru bagi timnya dan dirinya yakin sekarang adalah saat yang tepat. Rasa kecewa mungkin dirasakan Burgess lantaran keputusan Rossi terjadi secara tiba-tiba dan langsung dilontarkan dari mulutnya dua hari yang lalu.

    Syah-syah saja jika Burgess kecewa dengan keputusan Rossi tersebut karena dirinya begitu setia menemani Rossi sejak tahun 2000 silam, bersama Honda, Yamaha dan Ducati. Terlebih, tim balap mana yang bakal mau memakai jasa Burgess dengan usianya yang kini sudah menginjak 60 tahun? Benar, pensiun mungkin jadi pilihan Burgess mulai tahun depan.

    “Itu murni keputusan saya karena kami sudah berbicara dengan Burgess dan semua tim mengenai tahun depan dan dia bilang ingin tinggal. Dia memberikan banyak tanda tanya mengenai masa depannya tapi dia tidak menjawab Ya atau Tidak, tetapi malah mengatakan dia ingin menunggu tahun depan”, jelas Rossi.

    Apapun itu alasannya, Rossi masih berambisi ingin merengkuh gelar juara dunia MotoGP yang ke-10 dalam karirnya. Tak peduli meski usianya sudah menginjak kepala tiga alias 34 tahun.

    Sedangkan bagi Burgess, sayangnya dengan usia 60 tahun mungkin Burgess dinilai sudah tak perfect lagi untuk jadi engineernya. Mungkin itu salah satu kegalauan yang dirasakan Rossi, sehingga kebijakan pensiun dijatuhkan kepada Eyang Burgess, bukan Eyang Subur pastinya. :D

    Konfrensi Pers Burgess-Rossi - Valencia 2013

    “Hormat kami [kepada Burgess], saya juga ingin menunggu tahun depan. Bahkan dalam pikiran saya, saya ingin melanjutkan dan saya akan memutuskan setelah balapan pertama [musim 2014]. Itu murni keputusan saya dan kami berbicara bersama-sama, berusaha menjelaskan mengenai perubahan tersebut dan melakukan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan motivasi baru”, lanjut Rossi.

    “Saya mengambil keputusan ini seminggu yang lalu dan saya tak ingin diam selama satu minggu, sementara Burgess tahu bahwa saya mengambil keputusan ini. Saya tidak bisa melakukannya dan saya pikir lebih baik mengatakannya saat pertama kali aku melihatnya.”

    Rossi disinyalir masih ingin lebih lama bersama Yamaha di MotoGP, tak hanya sampai akhir musim depan. Pembalap Yamaha tersebut juga sempat diberi pertanyaan di sela-sela konfrensi pers, apakah performa buruknya sepanjang musim ini karena kesalahan dirinya sendiri atau karena kegagalan Burgess dalam menyetting M1?

    Saya tidak tahu. Bagi saya, saya ingin mengatakan mungkin saja keduanya. Tapi sekarang level balapan sudah banyak ditingkatkan oleh tiga pembalap papan atas dan mereka mampu memacu motornya dengan sangat cepat. Catatan waktu di setiap sirkuit kini juga meningkat pesat. Itu merupakan tantangan besar bagi saya dan saya tahu itu akan sulit.”

    Rossi Yamaha M1 - FP2 MotoGP Valencia 2013

    “Tapi saya tak punya masalah tertentu, penyesalan atau masalah dengan cara kerja tim saya, khususnya Burgess. Tetapi saya tahu itu momen kunci karena saya masih ingin mencoba satu kali lagi dengan cara lainnya dan saya pikir inilah saatnya.”

    “Saya harus berbicara dengan seluruh kru saya, jika yang lainnya memutuskan ingin melanjutkan dengan saya, maka tak akan ada perubahan. Tapi saya tidak tahu apakah ada salah satu kru yang ingin membuat keputusan lain karena Burgess sudah tidak bersama kami lagi. Jika mereka ingin terus, saya senang dan siap untuk itu.”

    Mengenai pengganti Burgess, Rossi mengakui ada tiga pilihan saat ini, tapi belum diputuskan oleh timnya. Namun, MCN menilai bahwa Silvano Galbursera bakal menjadi salah satu opsi bagi Rossi untuk menggantikan posisi Burgess. Galbursera adalah engineer asal Italia, dia kru lama Yamaha di WBSK dan tahun ini dirinya menjadi engineer bagi Marco Melandri di tim BMW WSBK.

    “Kami punya dua atau tiga opsi terbuka tetapi kami tak akan terburu-buru memutuskannya”, tutup Rossi.

    Via: motorcyclenews.com

    KOMENTAR