Home MotoGP Valencia, Spanyol Jelang Race Valencia: Mesin M1 Terakhir Lorenzo Bermasalah

    Jelang Race Valencia: Mesin M1 Terakhir Lorenzo Bermasalah

    SHARE

    Jorge Lorenzo - Q2 MotoGP Valencia
    Valencia, MESINBALAP.com – Jagoan Yamaha Factory Racing harus puas berada di posisi ke-2 dalam sesi kualifikasi MotoGP Valencia Sabtu sore kemarin [waktu Spanyol]. Lorenzo tak mampu mengejar lap time Marquez ‘1 menit 30,237 detik’ hingga sesi usai, bahkan sempat kebingungan gonta ganti motor.

    Saat sesi Q2 tersisa sekitar 6 menitan, Lorenzo masuk ke dalam pit dengan tujuan mengganti ban segar. Tak lama kemudian dia keluar lagi tancap gas ke sirkuit, baru satu putaran Lorenzo malah balik lagi ke garasi Yamaha sambil geleng-geleng kepala. Apa yang terjadi?

    Dalam sesi latihan bebas ke-4 (FP4), kami melaju dengan kecepatan terbaik kami dan saya sangat pede untuk memasuki babak kualifikasi. Kami berjuang sebaik mungkin untuk merebut posisi pole, tapi sayangnya motor pertama saya mengalami masalah teknis”, ujar Lorenzo usai sesi kualifikasi.

    “Tiba-tiba M1 saya kehilangan 50 persen powernya dan saya harus menghentikannya. Kami mendiskusikannya [dengan tim] mengenai apa yang sebenarnya terjadi dan kami memutuskan untuk mencobanya lagi. [Kemudian] kami melaju menggunakan motor kedua tapi mesinnya sudah tua dan performanya berbeda, rasanya tak sama [dengan motor pertama].”

    Usut punya usut ada masalah teknis pada pacuan M1-nya, yang disinyalir pada mesin ke-5 Lorenzo. Semua tim MotoGP [tidak termasuk CRT] sudah menggukan jatah mesin ke-5 nya, tak terkecuali buat Honda dan Yamaha.

    Namun, pabrikan Iwata tersebut memutuskan untuk mulai menggunakan jatah mesin terakhirnya sejak seri MotoGP Aragon akhir bulan September silam. Baca “Lorenzo: Kami Telah Menggunakan Mesin Kelima dan Jatah Terakhir”.

    “Itu memang sangat disayangkan tapi bagaimanapun posisi kedua sudahlah bagus. Tapi saya pikir tim kami sudah memecahkan masalah tersebut dan saya berharap bisa balapan menggunakan motor pertama saya besok”, lanjut Lorenzo.

    “Kami punya kesempatan besar untuk memenangkan balapan. Kejuaraan ini terasa lebih sulit, tapi kami akan berusaha sebaik mungkin. Jika besok start saya bagus, maka saya bisa menyalip Marquez dan melihat apa yang bisa saya lakukan dalam balapan.”

    KOMENTAR