Home MotoGP Silvano Galbusera Resmi Gantikan Posisi Burgess di Yamaha

    Silvano Galbusera Resmi Gantikan Posisi Burgess di Yamaha

    SHARE

    Silvano Galbusera
    Valencia, MESINBALAP.com – Akhirnya terbukti juga berita yang kami tulis akhir pekan lalu. Yamaha Factory Racing hari ini secara resmi mengumumkan bahwa Silvano Galbusera akan menggantikan posisi Jeremy Burgess sebagai kepala mekanik bagi Rossi. Awalnya Rossi punya tiga opsi engineer dan Galbusera menjadi pilihan Yamaha karena jasa besarnya.

    Engineer asal Italia ini memulai karirnya di balapa roda dua dengan pabrikan Gilera (satu grup dengan Aprilia) pada 1979 silam. Bersama Gilera dia menghabiskan waktu selama 14 tahun di kelas GP250, menjadi mekanik bagi Alessandro Gramigni dan Paolo Casoli. Kemudian Galbusera hengkang ke Cagiva pada 1994, menjadi engineer John Kocinski di kelas GP500.

    “Senang bisa menyambut Silvano kembali ke keluarga Yamaha. Setelah bekerja dengannya secara pribadi selama sepuluh tahun, saya sangat menaruh rasa hormat atas keterampilan dan keahlian teknisnya”, ujar Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Yamaha Factory Racing.

    “Pastinya dia akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan MotoGP, tetapi saya tak ragu dia punya kemampuan agar sukses memimpin kru Valentino pada musim depan.”

    Galbusera kemudian menetap di Yamaha hingga tahun 2011 yang lalu, sebagai direktur teknik dan kepala mekanik di tim Yamaha WSBK & WSS. Dia sukses membimbing empat pembalap seperti Noriyuki Haga, Cal Crutchlow, Ben Spies dan Troy Corser, hingga berbuah gelar juara dunia bagi Yamaha.

    Silvano Galbusera Yamaha MotoGP

    “Senang bisa bekerja dengan Burgess sepanjang musim ini. Atas nama Yamaha saya ingin mengatakan bahwa kami berhutang budi kepadanya atas sejumlah besar keberhasilan dan pengetahuan yang tak ternilai harganya yang telah dia kontribusikan kepada Yamaha”, tambah Meregalli.

    Satu tahun kemudian, Galbusera pindah ke tim BMW WSBK pada 2012-2013 dan menjadi kepala mekanik untuk Marco Melandri. Tahun ini, BMW memutuskan mencabut seluruh pasukannya dari balap motor produksi massal tersebut. Otomatis, Galbusera menganggur dan Yamaha melihatnya sebagai opsi terbaik untuk ditarik ke MotoGP.

    “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha dan Valentino atas kesempatan besar ini, untuk bekerja bersama juara dunia level tinggi tersebut. Saya senang bisa kembali ke keluarga Yamaha dan mendapatkan kesempatan di sebuah tim sukses yang selalu berada di posisi puncak”, sahut Galbusera.

    KOMENTAR