Home EICMA Show Prototipe Suzuki XRH-1 MotoGP Nongol di EICMA Show (Photo Gallery)

Prototipe Suzuki XRH-1 MotoGP Nongol di EICMA Show (Photo Gallery)

SHARE

Prototipe Suzuki XRH-1 MotoGP
MESINBALAP.com – Suzuki secara resmi memajang prototipe MotoGP terbarunya di ajang EICMA Show di Milan, Italia. Pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu ini melabeli prorotipe anyar tersebut dengan nama 2015 Suzuki XRH-1.

Suzuki Motor Corporation dengan tegas menyatakan akan kembali ke MotoGP pada 2015 mendatang dan memanfaatkan jeda waktu satu tahun untuk melakukan pengembangan lebih intensif pada pacuan anyar ini. Pengembangan prototipe XRH-1 dipimpin oleh mantan manajer Yamaha Factory Racing yakni Davide Brivio dan juga Randy de Puniet sebagai tes rider resmi Suzuki.

Mengingat regulasi MotoGP telah berubah, dimana mulai tahun depan semua motor tim pabrikan wajib menggunakan ECU standar buatan Magneti Marelli dan kapasitas tangki bahan bakar dikurangi dari 21 liter menjadi 20 liter.

Saat ini Suzuki XRH-1 masih menggunakan ECU dari Mitsubishi Motors dan 21 liter tangki bahan bakar yang disesuaikan dengan regulasi MotoGP 2013. Itulah sebabnya Suzuki ingin tinggal satu tahun lagi sampai penghujung tahun 2015 untuk melakukan pengembangan lebih lanjut.

2015 Suzuki XRH-1 MotoGP Prototype - Foto 2/21

XRH-1 merupakan generasi baru motor prototipe Suzuki di kancah balap MotoGP sekaligus generasi penerus prototipe GSV-R yang sudah pensiun sejak beberapa tahun silam.

Berbeda dengan GSV-R, Suzuki XRH-1 menggunakan mesin berkonfigurasi inline 4-silinder berkapasitas 1000cc, mirip seperti yang dipakai Yamaha YZR-M1. Tidak ada data spesifikasi rinci yang dipublikasikan oleh Suzuki.

Kabarnya Eugene Laverty akan didaulat Suzuki untuk menjadi pembalap resmi mereka di tim Suzuki MotoGP pada 2015 mendatang. Namun, pabrikan Hamamatsu tersebut memberikan syarat kepadanya untuk singgah terlebih dulu di tim FIXI Crescent Suzuki WSBK pada tahun depan. Berita selengkapnya bisa dibaca disini.

Yang jelas Suzuki juga akan ambil bagian dalam tes pra-musim MotoGP 2014 yang digelar di sirkuit Sepang Malaysia pada bulan Februari mendatang, seperti yang diutarakan Davide Brivio pada artikel kami sebelumnya.

 

[tabgroup button=”PHOTO GALLERY”]
[tab title=”PHOTO GALLERY“]


[/tab]
[/tabgroup]

Photo by Jensen Beeler (Asphalt & Rubber) | Creative Commons – Attribution 3.0

KOMENTAR