Home Motor Gallery: Yamaha R25 Terinspirasi dari Prototipe YZR-M1 – Tokyo Motor Show 2013...

Gallery: Yamaha R25 Terinspirasi dari Prototipe YZR-M1 – Tokyo Motor Show 2013 (32 Foto)

SHARE

Yamaha R25 - Tokyo Motor Show 2013
Tokyo, MESINBALAP.com – Yamaha secara resmi memamerkan konsep R25 di Tokyo Motor Show 2013 yang digelar hingga 1 Desember mendatang. Tampang sangar dan body kompak pun tercemin pada konsep R25 ini, dengan inspirasi prototipe Yamaha YZR-M1. Inspirasi dasarnya memang M1, coba tengok bagian depan R25, terlihat nyaris hampir sama dengan desain front-end YZR-M1.

Konsep Yamaha R25 dibekali dengan mesin inline dua-silinder DOHC berkapasitas 249cc, plus Fuel Injection, 4-valve dan berpendingin liquid-cooled. Mesin tersebut dikaitkan dengan transmisi 6-speed, tapi belum ada data spesifikasi rinci yang dipublikasikan oleh Yamaha, termasuk exact horsepower dan torsi mesin.

Mesin DOHC 250cc ini dipasang ke dalam sasis berdesain kompak dan sangat ringan, tetapi bukan deltabox. Dimensi panjang R25 mencapai 2,000mm, sedangkan lebarnya 720mm dan tingginya 1,140mm.

Menurut Yamaha, fokus penjualan versi produksi R25 nanti adalah pasar Asia dan beberapa negara berkembang termasuk pasar domestik Jepang dan juga Eropa. Indonesia sudah pasti masuk daftar, apalagi tagline Yamaha Indonesia “Semakin Didepan” nongol pada konsep R25 di Tokyo Motor Show.

Yamaha R25 ditargetkan untuk menghajar Kawasaki Ninja 250R, itu temennya Hatori yang dijadikan sasaran. :D Lho bukan CBR250R? Entahlah, tapi bisa jadi bukan, mengingat CBR250R masih mengandalkan mesin single-silinder. Yang pasti Entahlah. :D

2013 Yamaha R25

Tapi perlu dicatat, Yamaha R25 yang dipajang di Tokyo ini masihlah sebuah versi konsep atau bisa dikatakan prototipe dengan style YZR-M1 alias bukan versi produksi penuh. Alhasil perlengkapan standar motor pun tidak ada seperti headlights, kaca spion, footstep standar dan lain sebagainya. Kesannya racing banget layaknya M1.

Antara versi konsep kendaraan otomotif dengan versi produksinya kadangkala bisa melenceng radak jauh tapi semoga saja hal seperti itu tidak terjadi pada Yamaha R25 ketika keluar versi produksiny nanti. Kita ambil contoh konsep mobil, meski jelas gak bisa disejajarkan antara sepeda motor dengan mobil. Tapi ini hanya sebagai sebuah contoh saja.

Sebagai contoh: Perbedaan jauh antara konsep Subaru WRX 2015 dengan versi produksinya yang dipajang di LA Auto Show bulan ini (jadwalnya hampir berbarengan dengan Tokyo Motor Show). Wah beda banget, malah kelihatan WRX 2015 hanya seperti sebuah versi upgrade dari Subaru Impreza. Itu menurut kicauan konsumen diluar negeri sana, bukan kicauan burung kalian pastinya. :D

 

[tabgroup button=””]
[tab title=”PHOTO GALLERY“]


[/tab]
[/tabgroup]

KOMENTAR