Home MotoGP Nakamoto: Corner Speed Jadi Target Utama Penyempurnaan RC213V

    Nakamoto: Corner Speed Jadi Target Utama Penyempurnaan RC213V

    SHARE

    Repsol Honda Team - Indianapolis Grand Prix 2013
    MESINBALAP.com – Corner speed alias kecepatan menikung akan menjadi target utama insinyur HRC dalam menyempurnakan paket Honda RC213V selama jeda musim balap MotoGP. Wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto mengungkapkan bahwa sepanjang musim 2013 prototipe pabrikan Yamaha YZR-M1 memiliki corner speed yang jauh lebih cepat dibandingkan RC213V. “Tapi sektor pengereman Honda jauh lebih kuat dibanding M1”, beber Nakamoto.

    Sembilan balapan di musim 2013 disabet Honda, enam podium dikantongi Marc Marquez dan tiga podium milik Pedrosa. Namun, Yamaha juga sembilan kali memenangi balapan sepanjang musim ini, yang menunjukkan bahwa rivalitas kedua kubu ini sangatlah dekat. Honda berusaha menyempurnakan kecepatan RCV di sektor tikungan, sedangkan Yamaha di sektor pengereman dan SSG.

    Salah satu kunci kekuatan Honda sepanjang musim 2013 adalah di sektor stabilitas pengereman yang jauh lebih stabil dibanding M1, selain itu mudah dipakai late braking. Itulah sebabnya Lorenzo berkali-kali meminta Yamaha untuk menyempurnakan sektor tersebut, bahkan hingga memakai disc brake berdiameter lebih besar daripada umumnya.

    Marc Marquez - MotoGP Indianapolis 2013

    Dalam sebuah wawancara khusus dengan MCN, Nakamoto secara jelas mengungkapkan di sektor manakah paket prototipe RC213V nanti bakal disempurnakan selama pengujian musim dingin nanti.

    “Yamaha memiliki corner speed (kecepatan menikung) yang jauh lebih cepat dan ini sudah jelas. Tapi sektor pengereman Honda jauh lebih kuat dan inilah yang membuat RCV bisa lebih dekat memasuki tikungan (late braking), tapi ini merupakan karakteristik mesin. Selama lebih dari 30 tahun, HRC telah mencoba untuk membuat sebuah mesin seperti Yamaha”, jelas Nakamotor.

    Wakil presiden HRC tersebut melanjutkan bahwa perbedaan terbesar antara RC213V dengan YZR-M1 ada di sektor handling dan pengereman. Ciri khas lama yang mungkin sulit dirubah pada prototipe RCV. Begitu pula pada M1, Yamaha juga belum bisa membuat waktu jeda gearbox seamless mereka menjadi 0,09 detik seperti SSG yang dipakai RCV.

    HRC| Tes Honda RC214V Valencia

    “Bahkan, handling prototipe 500cc 2-stroke mereka (YZR500) jauh lebih baik dibandingkan Honda. Yamaha masih lebih baik di area ini. Kami berusaha untuk menyempurnakannya tetapi itu tidaklah mudah, namun ini merupakan perbedaan terbesar antara kedua motor tersebut (RCV dan M1)”, lanjut Nakamoto.

    Beberapa area seperti sasis, swingarm dan sistem elektronik akan direvisi ulang oleh insinyur HRC, harapannya agar corner speed RCV bisa membaik dibandingkan dengan sebelumnya.

    Marc Marquez - Tes Valencia 2013

    Mantan direktur teknis Honda Racing F1 ini juga membeberkan bahwa titik kelemahan Honda pada 2009 silam ada pada stabilitas pengereman, makanya buat belok saja RCV sering goyang senggol pada waktu itu, ataupun chatter. Grip ban menurut Nakamoto juga punya andil besar untuk menyempurnakan corner speed.

    “Kami akan melihat segala sesuatunya untuk menyempurnakan area ini termasuk sasis, swingarm dan sistem elektronik. Pada tahun 2009 silam, titik kelemahan kami sudah jelas dan itu adalah stabilitas pengereman. Kami berkonsentrasi pada sektor tersebut dan kini stabilitas pengereman adalah mirip.”

    “Honda lebih baik dibandingkan Yamaha dalam stabilitas pengereman. Tetapi corner speed Yamaha masih jauh, jauh lebih cepat. Corner speed berasal dari grip ban. Di beberapa area tikungan, Yamaha memiliki grip lebih banyak dibandingkan Honda”, bebernya.

    Jorge Lorenzo GP250 Brno 2007

    Namun, Nakamoto paham bahwa superioritas corner speed Yamaha juga berasal dari gaya balap Lorenzo sendiri, yang sudah terasah sejak di kelas GP250cc 2-T.

    Corner speed tinggi sangatlah penting di GP250, menikung dengan kecepatan lebih tinggi sampai keluar tikungan. Meski resikonya memang bisa ndlosor di tikungan, mengingat karakter mesin GP250cc 2-T berbeda jauh dengan mesin Moto2 4-T, apalagi engine GP500cc yang jauh lebih cetar membahana.

    “Jorge sangat cepat di sektor ini dan dia merupakan yang tercepat, tetapi semua pembalap Yamaha seperti Crutchlow dan Rossi juga punya corner speed yang lebih cepat dibandingkan (pembalap) Honda”, pungkas Nakamoto.

    KOMENTAR