Home MotoGP Carlo Pernat Tak Yakin Aprilia Bakal Jadi Tim Pabrikan di MotoGP

    Carlo Pernat Tak Yakin Aprilia Bakal Jadi Tim Pabrikan di MotoGP

    SHARE

    Aprilia Aspar ART MotoGP Team
    MESINBALAP.com – Rumor Aprilia bakal menjadi tim pabrikan di MotoGP pada 2016 mendatang rupanya dibantah oleh Carlo Pernat. Dalam sebuah wawancara khusus dengan Motociclismo, Pernat yakin bahwa itu hanyalah daeglan dan modus Aprilia saja untuk mempertahankan beberapa tim CRT mereka di MotoGP saat ini, tentunya agar tidak lari ke lapak sebelah.

    Mantan manajer Loris Capirossi tersebut menekankan bahwa ada tiga hal penting yang tidak beres di pengujung 2013, khususnya bagi Aprilia. Tiga hal penting tersebut adalah hengkangnya Gigi Dalll’Igna ke Ducati Corse, membelotnya squad Aspar ART ke Honda dan perginya sang jagoan Aleix Espargaro ke tim Forward Racing Yamaha karena kepincut motor produksi M1-FTR.

    Lanjut Pernat, Dall’Igna yang dulunya menjabat sebagai kepala enginer Aprilia merasa frustrasi terhadap tindak tanduk pabrikan Italia tersebut, lantaran mereka tak memberikan cukup uang kepadanya untuk mengembangkan motor di MotoGP. Mungkin itulah salah satu alasan terjelas mengapa Dall’Igna lebih memilih Ducati, ujung-ujungnya duit alias UUD karena untuk melakukan pengembangan prototipe di MotoGP tak cukup modal dengkul. Tolong diingat tak cukup modal dengkul. :D

    Hal yang sama juga dirasakan oleh squad Power Electronics Aspar, dimana sang pemilik tim yakni Jorge Martinez ditolak oleh Aprilia saat menginginkan pengembangan motor untuk musim 2014 mendatang, bahkan itu dengan dana mereka sendiri dan bantuan pihak sponsor lainnya. Jika demikian kenyataannya, berarti Aprilia berdusta dengan janji-janji yang mereka katakan kepada Jorge Martinez.

    Tim Power Electronics Aspar Aprilia

    Dulu Aprlia gembar-gembor bakal mengembangkan satu paket motor baru dengan mesin yang benar-benar baru untuk digunakan musim mendatang, bukan lagi menggunakan basis RSV4. Bahkan mereka bermaksud akan menyematkan beberapa komponen ciamik seperti seamless-shift gearbox, katup pneumatik (pneumatic valves), sasis baru dan paket aerodinamis yang lebih baik.

    Tapi itu semua hanya janji-janji manis yang tak ada buktinya, wah maaf ya mirip seperti kebanyakan janji-janji pemimpin di negeri ini. Jelas saja jika Jorge Martinez memilih pergi meninggalkannya karena hatinya telah dilukai oleh Aprilia dan terlanjur sakit karena ucapannya. :D Pemilik squad Aspar tersebut lebih memilih beralih ke Honda bersama Hayden dan menggunakan prototipe versi hemat RCV1000R yang jelas lebih kompetitif dibandingkan pacuan CRT.

    Di mata Carlo Pernat memang tak ada gunanya Dall’Igna melanjutkan kerja samanya dengan Aprilia. Untuk Espargaro, wajar saja karena dia ingin mencoba pacuan yang lebih kompetitif dibandingkan terus-terusan menggunakan pacuan kelas CRT yang malah bisa menghancurkan karirnya di MotoGP. Lengkap sudah, Cardion AB pun juga memilih pergi meninggalkan Aprilia dan beralih ke Honda.

    KOMENTAR