Home MotoGP Doohan Yakin Tanpa Rossi MotoGP Bakal Sepi Penonton

    Doohan Yakin Tanpa Rossi MotoGP Bakal Sepi Penonton

    SHARE

    Valentino Rossi - MotoGP Valencia 2013
    MESINBALAP.com – Pembalap legendaris macam Mick Doohan melontarkan keyakinannya akan seorang The Doctor yang bisa membuat MotoGP sepi penonton saat dia pensiun. Masa depan Rossi tahun depan memang jadi tanda tanya besar, pasalnya dia dituntut harus super kompetitif jika ingin kontraknya diperpanjang oleh Yamaha. Dengan kata lain, Rossi harus sanggup meladeni trio Spanyol yang sangat mendominasi sepanjang musim 2013 kemarin.

    Dua tahun tanpa gelar di Ducati, Rossi lantas kembali ke Yamaha dan memacu YZR-M1 sepanjang musim 2013 tapi hanya satu kemenangan yang bisa diraihnya yakni di Assen. Malah Rossi lebih banyak nangkring di posisi ke 4 dalam delapan seri balapan musim balap yang baru saja usai.

    Seperti yang sudah kita tahu, kontrak Rossi akan disudahi di penghujung tahun depan dan musim 2013 menjadi musim ke-18 dalam karir Rossi di paddock MotoGP. Itu diakui Doohan sebagi karir terpanjang dan paling cetah membahana dalam sejarah MotoGP. Tapi tak hanya Rossi, kontrak trio spanyol pun juga akan berakhir pada akhir tahun 2014. Makanya bursa pembalap tahun depan jadi sangat krusial bagi masa depan Rossi.

    “Dia tak mungkin suka jika tidak menang, meskipun balapan ini masih membutuhkannya dan dia masih punya banyak penggemar seperti dulu. Olahraga ini akan menjadi tempat yang lebih miskin (sepi penonton) tanpa dirinya. Saya yakin posisi keempat kurang bagus dalam pikiran Valentino, tetapi itu adalah neraka yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya (saat di Ducati)”, ujar Doohan kepada MCN.

    Lantas, Doohan pun yakin faktor usia dan pengalaman membuat Rossi tak lagi mau mengambil risiko besar seperti yang dilakukan rookie sableng Marc Marquez yang telah menyabet gelar juara dunia MotoGP pertamanya dengan usianya yang masih 20 tahun.

    “Saya pikir pengalamannya adalah melawan dirinya sendiri, dalam hal seberapa jauh dia siap untuk mendorong dirinya sendiri dan berapa lama dia ingin tinggal dalam dunia olahraga ini. Tapi anda tidak pernah meragukan Valentino. Saya yakin andaikan dia bisa mendapatkan motor yang sesuai keinginannya dia bisa mendorong lebih banyak, tapi dia (Rossi) tahu jika dia mendorong lebih jauh maka dia akan terjatuh”, lanjutnya.

    “Pengalaman Valentino walaupun mungkin berarti dia tidaklah siap untuk mendorong sekeras trio spanyol. Mereka masihlah diinginkan dan dibutuhkan dalam karir mereka, akan lebih bagus untuk melakukannya lagi”, tutup Doohan.

    KOMENTAR