Home MotoGP Stoner Tetap Jadi Test Rider HRC Tahun Depan

    Stoner Tetap Jadi Test Rider HRC Tahun Depan

    SHARE

    Casey Stoner - Tes Privat HRC di Motegi
    MESINBALAP.com – Ditangan seorang Casey Stoner lah Honda RC212V (800cc) langsung bisa meraih gelar juara dunia pertamanya pada 2011 silam setelah sebelumnya tak pernah sekalipun juara sejak dipegang Pedrosa dari 2007-2010. Debut Pedrosa di MotoGP menggunakan RC211V (990cc), setahun kemudian dia memacu prototipe RC212V sampai tahun 2011 tapi tak pernah juara melulu.

    Itulah sebabnya Honda tetap mempertahankan Casey Stoner sebagai test rider resmi mereka untuk menjajal pacuan baru beserta komponennya, meskipun Honda juga memiliki beberapa test rider lainnya. Stoner lebih dipercaya HRC ketimbang Pedrosa dalam mengembangkan motor, sedangkan Marquez masih terlalu muda bro, jadi belum saatnya nak. :D

    Bagaimana tidak, satu tahun singgah di tim pabrikan Repsol Honda Stoner langsung juara. Bahkan tahun pertamanya di Ducati pun dia langsung juara dunia (2007), hanya berbekal pacuan kelas bawah, tak sebaik M1 dan RC212V pada saat itu. Stoner juga tak terkalahkan di kandangnya antara tahun 2007 sampai 2012.

    Wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto menegaskan bahwa Stoner akan terus terlibat pengembangan dengan Honda pada tahun 2014 tetapi belum HRC belum memutuskan rencana pastinya, dalam hal pengujian. Honda RC214V dan RCV1000R juga dievaluasi oleh Stoner sepanjang musim 2013 kemarin.

    Meskipun demikian, Stoner tidak akan terlibat dalam sesi tes ban khusus di sirkuit Phillip Island pada 3-5 Maret mendatang. Kata Bridgestone, itu untuk memastikan agar tak ada lagi yang namanya masalah ban seperti yang terjadi di Phillip Island kemarin dan agar tak ada lagi korban yang jatuh seperti Marquez misalnya.

    2014 Honda RC214V - Tes HRC Motegi

    Tes privat pada bulan Maret mendatang sebenarnya hanya untuk tim pabrikan, makanya Nakamoto mengatakan bahwa Stoner tidak perlu hadir. Iya kan sudah ada Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

    “Casey tak akan ikut tes di Phillip Island. Dua pembalap pabrikan kami (Marquez & Pedrosa) yang akan pergi ke Phillip Island. Bridgestone akan membuat ban tetapi itu tidaklah banyak, makanya andaikan kami membawa tiga pembalap, tentunya Bridgestone akan berjuang mati-matian untuk memasok ban”, ujar Nakamoto kepada MCN.

    “Bridgestone masih belum yakin jenis ban mana yang harus mereka buat untuk Phillip Island dan ini adalah tujuan dari tes tersebut dan mereka akan membawa beberapa konstruksi dan kompon ban yang berbeda.”

    KOMENTAR