Home MotoGP MotoGP: Lorenzo Sebut Marquez Bagaikan Stoner yang Kembali ke Honda

    MotoGP: Lorenzo Sebut Marquez Bagaikan Stoner yang Kembali ke Honda

    SHARE

    Marquez vs Lorenzo - MotoGP Jerez 2013
    MESINBALAP.com – Duet maut Lorenzo-Rossi yang digadang-gadang bakal memanas kembali ternyata ditelan mentah begitu saja oleh Marc Marquez sepanjang musim 2013. Diawal musim pasti tak ada yang menduga sebelumnya jika Marc bisa menjadi juara dunia MotoGP dengan begitu cepatnya.

    Malah Lorenzo dan Rossi yang lebih dijagokan, mengingat pensiunnya Stoner. Jagoan Yamaha Jorge Lorenzo menggambarkan Marquez sebagai sebuah fenomena baru di MotoGP. Lorenzo mengakui bahwa sebenarnya dia sangat shock karena Marc bisa tampil ganas di musim debutnya.

    “Ini merupakan musim yang super-positif, bisa menjadi runner-up dengan memenangkan delapan balapan yang sangat jarang terjadi. Pada akhirnya kami kehilangan gelar juara dunia dengan selisih empat poin. Kami berjuang melawan pembalap fenomenal seperti Marc yang datang dari Moto2 dan pendatang baru yang bisa meraih enam kemenangan (dalam satu musim), merebut banyak posisi pole dan naik podium menjadi sebuah fenomena”, ujar Lorenzo dalam sebuah acara merek jam tangan Sector.

    Pembalap Yamaha ini lantas menyebut Marc pantas menjadi pengganti Casey Stoner di Honda. Bagi Lorenzo sendiri, Marquez bagaikan Stoner yang datang lagi ke Honda dan sulitnya melawan Marquez juga sama seperti melawan Stoner.

    Duel Marquez-Lorenzo - Jerez 2013

    “Marc bagaikan Stoner yang datang lagi ke tempatnya (Honda). Sangat sulit melawan dia, tetapi saya sudah berusaha sampai akhir dan bahkan dalam beberapa balapan dengan menggunakan motor yang sedikit lebih lemod. Saya tidak pantang menyerah dan tidak menyesali apa pun yang sudah terjadi”, lanjutnya.

    Lorenzo awalnya menduga Pedrosa yang bakal jadi rival terberatnya pada musim 2013, sedangkan Marquez awalnya diprediksi Lorenzo hanya bisa berada di posisi ke-3 atau ke-4. Jadi intinya prediksi Lorenzo telah meleset jauh, makanya Lorenzo jadi sangat shock di akhir musim.

    “Saya tidak mengira musim debutnya bisa seperti ini. Marc hebat dan memiliki talenta tak terbantahkan. Konsistensinya di hampir setiap balapan dan jarang terjatuh. Saya tidak menduga karena saya kira awalnya Dani (Pedrosa) akan menjadi rival terkuat saya dan Marc mungkin hanya di posisi ketiga atau keempat, bukan rival terberat saya.”

    Jorge Lorenzo - MotoGP Jerez 2013

    Jalannya balapan pada musim depan diprediksi Lorenzo akan sangat tergantung oleh faktor pacuan masing-masing pembalap. Pembalap Spanyol ini menekankan bahwa faktor motor sangatlah penting dan tak bisa diabaikan, tentunya disamping skill yang mumpuni. Mungkin itu juga menjadi pertanda Lorenzo ingin tinggalkan Yamaha.

    “Musim depan akan sangat tergantung pada level motor masing-masing dan mari kita lihat apa yang ditingkatkan Honda dan apa yang tidak dibenahi Yamaha dalam sesi tes mendatang. Saya selalu berusaha menjadi lebih baik dan berlatih lebih keras lagi, meningkatkan level gaya balap saya tapi jelas faktor motor sangatlah penting”, beber Lorenzo.

    Marc Marquez - MotoGP Laguna Seca 2013

    “Semoga saja Yamaha bekerja lebih keras lagi seperti yang selalu mereka lakukan dan memberikan kami komponen-komponen baru yang memungkinkan kami bertarung melawan pembalap-pembalap Honda.”

    Dalam sesi tes Valencia kemarin ternyata Lorenzo hanya mencoba sasis baru saja pada M1 2014 dan Yamaha belum membawa mesin baru maupun sistem elektronik teranyar. Itulah sebabnya Lorenzo sempat mengatakan saya akan menunggu paket Yamaha M1 baru di Sepang.

    “Kami harus menunggunya di Sepang pada akhir bulan Januari mendatang agar mengetahui bagaimana kinerja sistem elektronik dan mesin baru tersebut. Ketika anda sudah menyelesaikan tes, maka anda akan tahu dimana posisi kita untuk memberikan perlawanan”, pungkas Lorenzo.

    KOMENTAR