Home Teknologi “Kirobo” Robot Pertama yang Bisa Bicara dengan Manusia di Luar Angkasa (Video)

    “Kirobo” Robot Pertama yang Bisa Bicara dengan Manusia di Luar Angkasa (Video)

    SHARE

    Kirobo & Koichi Wakata (komandan Japanese Aerospace Exploration Agency)
    MESINBALAP.com – Kisah kehidupan robot di luar angkasa mungkin hanya ada di film animasi yang kebanyakan ditonton oleh anak-anak, bisanya film perang robot. Tapi itu dulu, kini Toyota baru saja memerkan robot astronot barunya yang bernama “Kirobo” dalam sebuah percakapan video pertama kalinya dengan manusia di stasiun luar angkasa internasional (ISS).

    Kirobo adalah salah satu dari dua robot humanoid yang dikembangkan oleh Toyota di bawah proyek pengembangan Robot Kibo. Kirobo sang robot canggih tersebut mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh Koichi Wakata (komandan Japanese Aerospace Exploration Agency) di ISS pada 6 Desember 2013 yang lalu.

    Dalam video berdurasi 5 menit 56 detik yang diunggah oleh Toyota ke YouTube, suara robot ini terdengar sangat halus, bahkan merdu dan lucu. Meski masih merdu suara burung saya, maksudnya burung kenari :mrgreen: tapi miriplah seperti yang ada di film animasi robot itu.

    Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah dimana robot bisa bicara dengan manusia di luar angkasa, catet ya pertama kalinya. Kalau hewan bicara dengan manusia mungkin sudah sering kita dengar, contohnya adalah Scooby-Doo. :mrgreen: Dan mungkin juga ini akan menjadi titik awal dimana robot bisa menggantikan tugas manusia di stasiun luar angkasa.

    Kirobo dikirim ke stasiun luar angkasa pada awal bulan Agustus yang lalu dan robot berukuran imut ini dilengkapi dengan sistem pengenalan suara atau voice-recognition software dari Toyota. Mantabb!! Kita juga ada ide bikin robot sawah bernama KEBO-RO dan KERE-BRO, ya gunanya untuk membajak sawah coy, bukan membajak gundul ente.  :mrgreen: Kalau ide kamu mana?

     

    [tabgroup button=”PHOTO GALLERY”]
    [tab title=”PHOTO GALLERY“]


    [/tab]
    [/tabgroup]

    KOMENTAR