Home MotoGP Kouichi Tsuji: Pengembangan YZR-M1 Bukanlah untuk Rossi, Tapi Lorenzo

    Kouichi Tsuji: Pengembangan YZR-M1 Bukanlah untuk Rossi, Tapi Lorenzo

    SHARE

    Valentino Rossi - Yamaha YZR-M1 2014
    MESINBALAP.com – Jelang tes MotoGP Sepang 2014 pekan depan, Kouichi Tsuji selaku bos tim pengembangan Yamaha YZR-M1 angkat bicara bahwa M1 tahun ini tidaklah dikembangkan secara spesifik untuk Valentino Rossi. Tsuji membenarkan bahwa prototipe M1 tahun ini dirancang khusus untuk Lorenzo dan ini adalah waktunya bagi Rossi untuk beradaptasi dengan M1 Lorenzo.

    Hal semcama ini menunjukkan prioritas Lorenzo adalah nomor wahid di tim Garpu Tala, Lha Rossi nomor berapa? Lha kenapa Lorenzo lagi? Santai bos, jangan nafsu tanya-nya. :mrgreen:  Singkatnya, musim ini adalah tahun terakhir kontrak Lorenzo di Yamaha dan pastinya mereka ngotot sengotot ngotot-nya menjaga Lorenzo agar jangan sampai pindah ke lain hati. Tau sendiri bagaimana Honda mengincar Lorenzo sejak dua tahun yang lalu, lamaran ditolak melulu walaupun bawa maskawin berjuta-juta dollar.

    Bukannya Rossi juga habis kontraknya tahun ini? Anda benar bung, tapi secara keseluruhan performa Lorenzo lebih ciamik dibanding Rossi dalam tiga tahun terakhir. Tentunya Yamaha tak mau berspekulasi, mengambil resiko besar dan gagal juara dunia lagi tahun ini. Makanya Jorge masih nomor wahid di Yamaha, karena hanya dia yang mampu meladeni gempuran pasukan Honda.

    Ini mirip seperti yang terjadi di masa lalu, dimana pengembangan YZR-M1 lebih difokuskan untuk Rossi mulai tahun 2004 sampai 2009. Sedangkan Lorenzo mau gak mau harus beradaptasi dengan M1 Rossi pada saat itu, apapun caranya entah ndlosor maupun jungkir balik. Jadi sekarang sudah terbalik di Yamaha? Tsuji pun tak yakin Rossi bisa sebagus dulu andaikan Yamaha memberikan M1 yang sesuai dengan karakter dirinya seperti M1 2009.

    Valentino Rossi - Indianapolis MotoGP 2013

    Menurut pak Tsuji lagi, bukan karena masalah uang juga tetapi waktu pengembangan terlalu mepet, Yamaha tak sanggup membuat dua M1 berbeda. Jadi tahun ini mustahil Rossi akan menggeber M1 yang sesuai dengan gaya balapnya.

    “Sejak tahun 2004 sampai 2009 kami telah membuat M1 untuk Valentino. Pada tahun 2010, dia mengalami cidera dan gelar juara dunia diambil oleh Jorge Lorenzo. Tentu saja, pada tahun 2010 dan 2011 kami mengubah spesifikasi M1 untuk gaya balap Lorenzo. Situasi pada awal tahun 2013 bagi Valentino itu sama seperti ketika Lorenzo baru saja mendarat di Yamaha (pada 2008)”, ujar Kouichi Tsuji.

    “Jelas, ketika (Rossi) datang kembali (ke Yamaha), M1 tidak cocok dengan gaya balapnya. Bagi kami sekarang sulit membuat M1 untuk Valentino dan itu bukan karena masalah uang. Jika kami bisa membuat Yamaha M1 2009 pada tahun 2013, tentu saja Valentino tidak akan mendapatkan hasil sebaik tahun lalu”, jelas Om Tsuji.

    Sumber: Insella.it via Autoevolution

    KOMENTAR