Home MotoGP Hasil Uji Coba Prototipe Honda 1000cc Dengan Stoner di Jerez

    Hasil Uji Coba Prototipe Honda 1000cc Dengan Stoner di Jerez

    SHARE

    Honda MotoGP, Setelah selesai menyelesaikan balap GP Le Mans dengan hasil yang cukup memuaskan pada hari Minggu, 15 Mei 2011. Kini pabrikan Honda baru saja selesai melakukan uji coba prototipe barunya untuk kompetisi MotoGP 1000cc 2012 di Jerez. Uji coba kedua Prototipe Honda 2012 tersebut di lakukan HRC tepatnya kemarin hari Selasa 17  Mei 2011 di sirkuit Jerez Spanyol dengan pembalapnya Casey Stoner.

    Sebelumnya HRC telah menguji coba mesin baru Prototipe 1000cc Honda 2012 tersebut dengan Test Ridenya Kousuke Akiyoshi dan Shinichi Itoh pada bulan April 2011 di sirkuit Suzuka, Jepang. Uji coba awal musim ini akan memberikan umpan balik yang berharga tentang pengembangan prototipe baru dari tahap awal perkembangannya. Kabarnya mesin baru Honda 2012 ini didasarkan pada konsep pengembangan terakhir Honda RC212V 800cc. Pihak HRC pun mulai bekerja pada proyek baru 1000cc tersebut pada akhir tahun 2009, ketika peraturan baru untuk regulasi MotoGP 2012 resmi di keluarkan oleh pihak penyelenggara MotoGP, yakni mesin baru maksimun menggunakan 4 silinder dan berkapasitas 1000cc.

    Peraturan lainnya untuk mesin 1000cc tersebut harus tetap menggunakan tangki motor yang berkapasitas 21 liter. Sama halnya dengan motor 800cc MotoGP yang menggunakan tangki berkapasitas 21 Liter. Sebenarnya peraturan tersebut di berlakukan untuk penghematan bahan bakar yang di gunakan mesin baru 1000cc. Namun tentu saja hal itu malah membuat masalah bagi sebagian pabrikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Repsol kirimkan tekhnisi ke Jepang untuk mengembangkan bahan bakar spesifik dan pelumas untuk motor prototipe baru 1000cc. Bahkan, para insinyur di Pusat Teknologi Repsol berfokus pada bahan bakar yang tidak akan hanya menawarkan efisiensi bahan bakar optimal, namun juga memberikan kinerja maksimal terhadap mesin.

    Seperti di lansir di situs resminya MotoGP, bahwa setiap produsen sepeda motor yang ikut pada ajang balap MotoGP 2012  memiliki delapan hari pengujian selama satu musim. Beikut pernyataan Casey Stoner dan Shuhei Nakamoto setelah selesai melakukan uji coba mesin baru 1000cc di Jerez Spanyol.

    Casey Stoner:

    ”Semuanya sudah sangat baik, sangat positif, Mesin 1000cc ini sangat bagus. Sungguh menyenangkan, saya menikmati hari pertama karena semua nampaaknya  sudah bekerja sangat baik, jadi tidak ada keluhan.  Kekecewaan terbesar adalah bahwa Dani tidak akan berada di sini untuk menguji prototipe baru karena kehadirannya sangat penting untuk pengembangan motor ini. Saya berharap segera HRC bisa mendapatkan masukan dan juga karena kami membutuhkan data sebanyak mungkin, agar siap dalam kompetisi untuk musim depan. Kami tidak fokus pada apa-apa hari ini, kami hanya mencoba memahami tentang prptotipe baru ini, bagaimana ia bekerja pada rem dan hal-hal lain seperti itu.”
    Shuhei Nakamoto:
    ”Saya pikir kami mengalami hari baik pengujian, mesin bekerja dengan baik seperti yang kami harapkan, tanpa ada isu-isu spesifik Tentu saja, hanya saja hari pertama sehingga kita perlu untuk memperbaiki tapi kita diuji banyak hal dan semuanya ok.. Casey senang dengan mesin yang lebih kuat, juga drivability itu oke dan di sisi sasis kita perlu terus maju. Sayangnya, Dani tidak ada di sini karena akan lebih baik jika mendapatkan masukan dari kedua pembalap tersebut. Komentar Casey sangat mirip dengan yang kami terima dari pengendara tes lainnya, dan tentunya ini sangat baik.”
    Sumber Foto: motogp.com

    KOMENTAR