Home MotoGP Soal Corner Speed, Yamaha M1 Masih Lebih Baik Dibanding Honda RC213V

    Soal Corner Speed, Yamaha M1 Masih Lebih Baik Dibanding Honda RC213V

    SHARE

    Marquez, Lorenzo, PedrosaMESINBALAP.com – Ketika bicara soal corner speed, Yamaha M1 adalah jagonya dan sejauh ini masih lebih baik dibanding Honda RC213V. Faktanya insinyur HRC gagal mengembangkan prototipe RC213V agar luwes setiap memasuki tikungan dan corner speed yang lebih baik. Sejauh ini solusinya adalah seamless-shift gearbox alias SSG dan stabilitas pengereman, itu senjata andalan RCV di tikungan.

    Peningkatan corner speed sudah jadi target utama bagi insinyur HRC selama musim MotoGP libur kemarin. Namun, sasis baru yang dibawa HRC tidak memberikan peningkatan yang signifikan ketika RC213V digeber Marquez dan Pedrosa selama tes pra-musim MotoGP di Sepang yang lalu.

    “Yamaha masih lebih baik (soal corner speed). Kami berharap bahwa sasis baru di Sepang akan memberikan hasil yang lebih baik dalam hal corner speed. Namun, sayangnya kami masih mendapatkan hasil yang sama. (Tapi) ini adalah Honda dan kami tidak pernah memiliki performa menikung yang baik”, ujar Shuhei Nakamoto kepada MCN.

    Lagi pula, Yamaha dan Honda menggunakan konfigurasi yang berbeda pada prototipe-nya masing-masing. Yamaha YZR-M1 menggunakan konfigurasi mesin inline four-cylinder, sedangkan Honda RC213V menggunakan layout V4 engine.

    Tapi meskipun corner speednya belum sebaik M1, nyatanya kekurangan itu tak menghalangi Marquez dalam mendominasi tes pra-musim MotoGP Sepang 2014 yang lalu dengan lap rekor 1 menit 59,533 detik. Memang gila anak itu, bapaknya siapa sih namanya? :D

    KOMENTAR