Home MotoGP Baru Berumur 21 Tahun, Marquez Sudah Cetak Banyak Rekor Mengesankan

    Baru Berumur 21 Tahun, Marquez Sudah Cetak Banyak Rekor Mengesankan

    SHARE

    Marc Marquez Sewaktu Masih Bocah
    MESINBALAP.comMarc Marquez baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 21 tahun pada Senin 17 Februari kemarin. Namun, siapa sangka bocah ini sudah mencetak banyak rekor mengesankan sepanjang karir balapnya. Ulang tahun Rossi dan Marquez beda tipis, iya hanya beda satu hari. Rossi merayakan ultah ke-35 nya pada Minggu 16 Februari kemarin.

    Emilio Alzamora merupakan sosok penemu bakat brilian yang terkandung dalam diri Marquez, sekaligus jadi guru pembimbing-nya. Dibalik layar, Repsol juga punya andil besar dalam membesarkan dan mendidik Marquez hingga jadi seperti sekarang ini. Bisa dibilang Marquez mungkin sudah menjadi anak emas Repsol.

    Marquez turun di kelas GP125cc pada tahun 2008 dengan dukungan sponsor Repsol dan KTM. Lantas dia jadi juara dunia GP125cc dua tahun kemudian, tepatnya pada 2010 saat dirinya bernaung dibawah tim Red Bull Ajo Motorsport dan dukungan mesin Derbi. Setahun kemudian Marquez naik ke kelas Moto2 dengan dukungan tim Catalunya Caixa Repsol dan motor Suter-MMX2 bermesin Honda 600cc.

    Sayangnya, Marquez gagal jadi juara dunia pada 2011 lantaran cidera penglihatan yang memaksanya absen di beberapa seri balap Moto2. Tapi dia buktikan prestasinya di tahun 2012 dengan menjadi juara dunia Moto2. Satu tahun kemudian tepatnya 2013, Marquez menyabet gelar juara dunia lagi tapi di kelas MotoGP bersama Repsol Honda. Dia dinobatkan menjadi pembalap termuda dalam sejarah MotoGP yang mampu meraih gelar juara dunia di kelas premier.

    Rekor yang diraih Marquez

    Marquez mengendarai sepeda motor sejak usia empat tahun dan telah meraih banyak rekor sepanjang karirnya. Berikut ini beberapa rekor paling penting yang telah diraih oleh Marquez, dikutip dari Repsol:

    • 22 Juni 2008: Pembalap Spanyol termuda dan pembalap termuda kedua secara keseluruhan yang mampu menyabet podium di kejuaraan dunia GP125cc (15 tahun, 126 hari).
    • 16 Mei 2009: Pembalap termuda kedua dalam sejarah yang mampu meraih pole position di kejuaraan dunia GP125cc (16 tahun dan 86 hari ).
    • 7 November 2010: Pembalap Spanyol termuda dan pembalap termuda kedua secara keseluruhan yang mampu menyabet gelar juara dunia di kelas GP125cc (17 tahun dan 264 hari).
    • 7 April 2013: Pembalap termuda yang mampu finish di kelas MotoGP (20 tahun dan 49 hari) dengan podium ketiga di Grand Prix Qatar. Pembalap termuda yang mampu mencetak fastest lap di balapan kelas premier.
    • 20 April 2013: Pembalap termuda yang sanggup meraih pole position di kelas premier MotoGP, di seri GP Austin Amerika (20 tahun dan 62 hari).
    • 21 April 2013: Pembalap termuda yang memenangkan balapan di kelas premier MotoGP dan meraih kemenangan di tiga kelas Grand Prix MotoGP. Juga pembalap termuda yang menyabet dua podium secara berturut-turut dan meraih pole position MotoGP, fastest lap dan menang di seri Grand Prix yang sama.
    • 10 November 2013: Tercatat dalam sejarah menjadi juara dunia termuda di kelas premier MotoGP (20 tahun dan 266 hari), dinobatkan di seri Valencia. Pembalap termuda yang menyabet gelar juara di tiga kelas MotoGP. Rookie yang menjadi Juara Dunia Termuda dalam sejarah.

    KOMENTAR