Home Kawasaki Kawasaki Ninja RR Mono Bukan Versi Downgrade dari Ninja 250 FI

    Kawasaki Ninja RR Mono Bukan Versi Downgrade dari Ninja 250 FI

    SHARE

    All-New 2014 Kawasaki Ninja RR Mono aka Ninja 250SLMESINBALAP.com – Kawasaki butuh waktu dua tahun untuk mengembangkan Ninja RR Mono atau yang lebih familiar disapa Ninja 250SL di pasar global. Dua tahun bukanlah waktu yang sebentar tapi Kawasaki sudah melihat peluang itu sejak dua tahun silam, meskipun sambil berpusing ria dalam developmentnya.

    Ninja 250 FI dan Ninja RR Mono jelas beda jauh – mesin parallel twin vs single-cylinder 250cc yang diambil KLX 250. Kawasaki menyebut Ninja RR Mono bukanlah versi downgrade dari sang kakaknya “Ninja 250 FI”, tapi motor ini sepenuhnya baru dalam hal desain dan spesifikasi mesin, ya meskipun basis mesin mencomot dari KLX 250.

    President Director KMI Tanigawa San mengatakan bahwa sportbike anyar ini awalnya disesuaikan dengan keinginan masyarakat Indonesia dan pasar global, tapi hasilnya jauh diluar ekspektasi mereka. Respon masyarakat Indonesia ternyata cukup antusias, nyaris jarang yang mencaci produk baru ini setelah diluncurkan.

    Sistem Aerodinamika Kawasaki Ninja RR Mono

    Senior Staff Officer R&D Kawasaki Takashi Fukami menegaskan bahwa mereka sangat tertantang mengembangkan Ninja RR Mono sejak dua tahun lalu dan terinspirasi dari superbike ZX-10R yang jadi juara di balap WSBK tahun lalu. Menurutnya memang sulit mengembangkan sportbike bermesin single-cylinder 250cc, khususnya dalam hal tuntutan aerodinamika, performa mesin dan handling.

    Sedangkan sesepuhnya yakni Ninja 150RR 2-tak secara perlahan-lahan akan dibunuh pada tahun depan, sekitar bulan Juli. Dan penggantinya tentu saja adalah Ninja RR Mono, yang akan segera diperkenalkan di beberapa kota Indonesia dalam event Roadshow.

    Sumber: dapurpacu.com

    KOMENTAR