Home Honda Mengenal Seluk Beluk Teknologi ABS di Motor Honda

    Mengenal Seluk Beluk Teknologi ABS di Motor Honda

    SHARE

    Honda CBR250R Brake
    MESINBALAP.com – Pernah ngerem mendadak pas kecepatan tinggi? Dijamin rasanya dag-dig-dug nggak karuan. Ban belakang ngepot kemana-mana. Kalau tidak bisa dikontrol? Brosis dijamin terpelanting.

    Nah, percuma nih Brosis kalau motor bisa ngebut tapi performa pengeremannya tidak maksimal. Oleh karena itu, Honda menerapkan fitur ABS di motor-motor sport dengan performa tinggi-nya. Salah satunya ada nih di CBR250R.

    Ngomongin soal ABS, apaan sih artinya. Yang jelas bukan “Asal Berenti, Syukur”. Tapi Anti-lock Brake System. Nah kita bakal jelasin teknologinya nih. Yuk disimak!

    Sesuai namanya, sistem ABS akan mencegah roda mengunci ketika melakukan pengereman mendadak. Caranya? Jadi ada sensornya nih Brosis. Sensor akan membaca jika rem mengunci, tekanan rem akan dikendurkan, lalu ketika roda mulai berputar lagi, ngerem lagi. Nah proses itu terjadi berulang kali dengan sangat cepat.

    Bisa dicontohkan seperti ini. Jika motor Honda Brosis belum memiliki fitur ABS, lakukan pengereman dengan cara menekan dan melepas tuas rem secara cepat berulang-ulang. Fitur ABS juga seperti itu lho Brosis. Hanya saja karena diatur oleh sensor elektronik, proses yang terjadi akan sangat cepat. Hingga 15 kali pengereman per detik. Makanya gak akan kerasa.

    Sekarang banyak tuh dijual asesoris motor berupa tabung yang dipasang di dekat caliper discbrake. Bilangnya sih biar rem-nya jadi ABS hanya dengan memasang asesoris tersebut. Padahal, sistem teknologi ABS gak sesederhana itu Brosis. Banyak komponen elektroniknya!

    Yang paling utama tentu ECU ABS. Ibaratnya otaknya nih, komponen ini yang akan memberikan sinyal ketika merasakan caliper mengunci. Manfaat dan teknologi mungkin fitur ABS ini sangat berguna bagi pengendara sepeda motor di Indonesia yang lalu lintasnya padat dan jalan yang licin serta bergelombang. Selain itu juga dapat mengurangi resiko kecelakaan akibat pengereman mendadak terlebih jalanan licin karena manuver motor masih bisa dikendalikan dan ban tidak terkunci lho Brosis.

    Kelemahannya, teknologi ABS ini adalah harganya masih mahal. Tapi buat keselamatan diri, kayaknya harga bisa jadi nomor sekian deh. Karena dengan adanya fitur ABS, Brosis bisa lebih pede dalam melakukan pengereman. Nggak usah takut ban ngunci lalu ngesot-ngesot. :D

    Kekurangan lainnya, karena ada banyak komponen tambahan, bobot motor otomatis bertambah. Contohnya, CBR250R versi non ABS berbobot 161 Kg. Versi ABS-nya berbobot 165 kg. Namun untuk motor Honda yang memiliki performa tinggi, keberadaan ABS pasti bakalan bikin Brosis lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

    Sumber: welovehonda.com

    KOMENTAR