Home MotoGP Tes MotoGP Sepang 2014 (II): Rossi Maksimalkan Yamaha M1 dengan ban Bridgestone...

    Tes MotoGP Sepang 2014 (II): Rossi Maksimalkan Yamaha M1 dengan ban Bridgestone baru

    SHARE

    Valentino Rossi - Tes MotoGP Sepang 2014 (II)
    MESINBALAP.com – Salah satu masalah yang membuat Valentino Rossi keteteran pada Tes MotoGP Sepang 2014 (II) adalah faktor ban Bridgestone baru. Ini dikarenakan tim pabrikan dapat ban berkompon lebih keras dibanding tim Open class yang disuplai ban berkompon sangat lunak. Itu juga faktor ke-3 yang membuat Aleix Espargaro tampil top markotop saat tes berlangsung, tentunya selain dukungan motor prototipe YZR-M1 2013 dan 24 liter BBM, plus ECU Magneti Marelli.

    Rossi mengaku sedikit bingung saat dihadapkan dengan ban belakang Bridgestone terbaru, tak ayal kemarin dia tercecer di posisi ke-7 (mengesampingkan faktor usia). Jagoan Yamaha Factory ini menghabiskan sebagaian besar waktunya untuk mencoba menyesuaikan Yamaha M1 dengan ban baru tersebut. Coba-coba berhadiah, kalau dapat ya syukur Alhamdulillah. :D

    Ban generasi baru dari Bridgestone tersebut memiliki kontruksi yang lebih kaku dan diklaim membantu dalam manajemen suhu ban. Namun, saat awal-awal tes performa ban tersebut kurang begitu memuaskan, sehingga banyak pembalap seperti Rossi mengeluhkan hilangnya grip samping saat ban itu digunakan, ini juga berbeda dengan ban yang dipasok Bridgestone tahun lalu.

    “Masalah terbesar kami dalam tes ini adalah mencoba dan menyesuaikan M1 dengan ban baru. Pada tes pertama kami memiliki beberapa masalah dengan ban 2014, terutama dengan ban berkompon lunak. Tapi situasinya memang seperti ini dan Bridgestone sudah memutuskan. Ini artinya kami harus mencoba dan menyesuaikan motor. Kami mendapat sedikit grip samping karena ban ini rasanya lebih kaku”, komentar Valentino Rossi.

    “Pada tes pertama, saya punya banyak masalah dengan ban berkompon lunak karena saya melakukan simulasi balapan dengan ban berkompon keras dan itu tidak begitu buruk. Hari ini kami bekerja banyak dengan ban berkompon lunak dan itu sudah lebih baik, tidak terlalu bagus dibanding ban tahun lalu tapi tidak begitu buruk.”

    KOMENTAR