Home Ducati MotoGP 2014: Ducati Resmi Gabung di Open Class

    MotoGP 2014: Ducati Resmi Gabung di Open Class

    SHARE

    Cal Crutchlow - Tes Sepang 2
    MESINBALAP.com – Setelah diberondong rumor terus menerus, akhirnya Ducati buka mulut hari ini, mereka secara resmi mengumumkan akan berpartisipasi di format Open Class mulai tahun ini. Dua pembalap mereka termasuk Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso sudah didaulat untuk bersaing di kelas Open dengan Desmosedici GP14. Jadi status mereka di MotoGP sudah bukan tim pabrikan lagi mulai sekarang.

    Pabrikan Bologna tersebut secara hati-hati mempertimbangkan dua pilihan ini sebelumnya – factory atau open class. Alasan mereka bahwa format factory terlalu mengekang dalam hal pengembangan, sedangkan di Open class bebas mengembangkan mesin sepanjang musim berjalan. Ducati meyakini bahwa format baru ini memberi mereka lebih banyak ruang kebebasan untuk terus mengembangkan motor selama musim berjalan.

    Pada dasarnya yang paling membedakan antara tim pabrikan dan kelas Open adalah software Magneti Marelli. Dua kelas ini sama-sama menggunakan ECU Magneti Marelli, hanya saja tim pabrikan menggunakan software mereka sendiri, sedangkan tim Open class menggunakan software dan hardware buatan Magneti Marelli. Bagi Ducati ini merupakan pilihan yang paling cocok untuk saat ini.

    Dovi

    “Kami dengan hati-hati telah mempelajari peraturan teknis baru dan telah memutuskan bahwa opsi Open class adalah yang paling menarik bagi Ducati, dalam situasi saat ini. Tahun ini kami harus terus mengembangkan motor kami sepanjang musim ini untuk meningkatkan daya saing kami, dan opsi Factory tampaknya terlalu membatasi bagi kebutuhan kami”, ujar Gigi Dall’Igna selaku General Manager Ducati Corse.

    “Kami yakin bahwa paket elektronik yang disediakan oleh Magneti Marelli dan Dorna memiliki kualitas yang sangat baik dan akan memungkinkan manajemen yang benar dari semua fungsi utama dalam motor.”

    Tapi pabrikan Jepang tidak terlalu suka dengan regulasi Open, dimana Magneti Marelli berperan jadi penyuplai sistem elektronik-nya. Rumor akhir-akhir ini mengindikasikan bahwa pabrikan Jepang khawatir jika Magneti Marelli akan memonopoli pasar global di sektor elektronik sepeda motor, makanya mereka ogah setuju.

    Ducati Desmosedici GP14

    Selain itu, Dorna juga dituduh punya konspirasi rahasia dengan Magneti Marelli, mereka membayar perusahaan ECU asal Italia itu untuk mengembangkan sistem elektronik di MotoGP. Pengembangan paket elektronik tersebut sudah dilakukan sejak dua tahun silam, tepat dimana kelas CRT mulai disemarakkan.

    Proyek itu dipimpin langsung oleh Corrado Cecchinelli yang merupakan orang nomor 2 di Ducati saat Filippo Preziosi masih menjabat disana. Cecchinelli sendiri masih sangat dekat dengan Ducati, jadi otomatis Ducati selalu punya akses informasi lebih banyak ke Magneti Marelli lantaran anak buahnya ada disana.

    KOMENTAR